Share

PDPI Ungkap 3 Gejala Omicron Paling Khas, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 481 2537889 pdpi-ungkap-3-gejala-omicron-paling-khas-apa-saja-0pAJokhtVZ.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

PERHIMPUNAN Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyoroti serius kasus Omicron di Indonesia. Kenaikan kasus yang cukup berarti harus menjadi kewaspadaan bersama.

Masyarakat pun diminta untuk semakin sadar akan bahaya Omicron. Mengetahui apa saja gejala paling khas dari Omicron menjadi bentuk kewaspadaan, sehingga masyarakat bisa membatasi diri ketika gejala tersebut muncul.

PDPI mengungkapkan ada 3 gejala khas Omicron dan paling sering dikeluhkan. Berdasarkan pernyataan resmi PDPI yang dibuat pada 24 Januari 2022, berikut ini gejala-gejala Omicron:

Gejala Omicron

1. Batuk kering, nyeri tenggorokan, tenggorokan gatal (3 gejala ini merupakan keluhan tersering)

2. Merasa kelelahan atau mudah lelah

3. Hidung tersumbat atau pilek

4. Demam

5. Nyeri kepala

6. Gejala lain namun jarang terjadi, seperti mual dan muntah, sesak napas, demam, dan diare.

"Gejala Omicron terkesan ringan, namun terdapat berbagai data yang menyebutkan bahwa gejala dapat menjadi berat seperti demam tinggi dan sesak napas berat pada kelompok lanjut usia, kelompok masyarakat dengan komorbid, dan anak-anak," papar laporan PDPI dikutip Rabu (26/1/2022).

Baca Juga : Rasakan Gejala Omicron seperti Ini, Segera ke Rumah Sakit!

Dengan catatan tersebut, PDPI mengharapkan agar setiap masyarakat melakukan kewaspadaan khusus untuk ketiga kelompok itu.

Baca Juga : Ini Gejala Omicron yang Hanya Terjadi di Malam Hari

Selanjutnya, PDPI juga menginformasikan bahwa jika di antara Anda ada yang mengalami gejala-gejala di atas, segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan terdekat, melakukan isolasi mandiri di rumah, memperketat dan tetap disiplin protokol kesehatan.

"Selain itu, disarankan juga konsumsi vitamin, mencukupi kebutuhan gizi, memperbanyak istirahat, dan tidak menunda-nunda untuk memeriksakan diri ke faskes terdekat," tambah laporan PDPI.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini