Share

Studi: Vaksin Covid-19 Terbukti Tidak Ganggu Kesuburan Pria dan Wanita!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 481 2537932 studi-vaksin-covid-19-terbukti-tidak-ganggu-kesuburan-pria-dan-wanita-t9sFPZZzo3.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

STUDI terbaru mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk ibu hamil maupun mereka yang sedang merencanakan kehamilan.

Penelitian dilakukan dengan mengamati 2.000 pasangan di Amerika Serikat dan Kanada. Hasil diketahui bahwa vaksin Covid-19 tidak memberi pengaruh yang merugikan pada kesuburan pria maupun wanita.

Vaksin Covid-19

"Temuan ini memberi kepastian bahwa vaksinasi untuk pasangan yang sedang jalani program kehamilan tidak mengganggu rencana mereka," kata dr Diana Bianchi, direktur Institut Kesehatan Nasional Eunice Kennedy Shriver National Institute Of Child Health and Human Development, dikutip dari ABC News, Rabu (26/1/2022).

Studi ini pun membantah dengan tegas rumor yang berkembang di masyarakat, yang mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sebabkan masalah kesuburan atau bahkan kemandulan bagi pria dan wanita.

Baca Juga : Pakar Kesehatan: Belum Ada Vaksin Covid-19 yang Sebabkan Orang Meninggal

Senada dengan studi di atas, hasil penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun mengungkapkan hal yang sama.

Baca Juga : KIPI Vaksin Covid-19 pada Anak Lebih Rendah dibanding Orang Dewasa

Hasil studi diterbitkan pada 4 Januari 2022, menunjukkan bahwa tidak ditemukan peningkatan risiko kelahiran prematur atau berat badan rendah pada bayi yang dilahirkan dari orangtua yang divaksin Covid-19.

"Tidak ada peningkatan risiko keguguran pada kehamilan dari pasangan yang divaksin Covid-19. Selain itu, tidak ditemukan masalah keamanan pada ibu hamil yang divaksinasi di akhir kehamilan atau pada bayi mereka," papar laporan CDC.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini