Share

Pfizer Uji Vaksin Booster Khusus Lawan Omicron, Diprediksi Rilis Maret 2022

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 481 2537949 pfizer-uji-vaksin-booster-khusus-lawan-omicron-diprediksi-rilis-maret-2022-5NN22gPn6d.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

BEBERAPA produsen vaksin Covid-19 seperti Pfizer-BioNTech, Moderna dan Johnson & Johnson diketahui saat ini masih tengah terus mengembangkan upgrade vaksin booster yang secara khusus menargetkan varian Omicron yang menyebar begitu cepat di dunia.

Meski versi yang ada dan digunakan sekarang di Amerika, termasuk di Indonesia masih memberikan proteksi mumpuni terhadap kesakitan parah, risiko rawat inap dan kematian. Tapi para pembuat vaksin Covid-19 tersebut menyatakan akan terus mengembangkan vaksin Covid-19 booster untuk varian yang lebih spesifik, jaga-jaga jika memang diperlukan.

Vaksin Pfizer

Pfizer sendiri disebutkan berencana untuk memulai studi pada manusia untuk booster khusus Omicron pada bulan Januari ini. Seperti dilapor NBC News, Rabu (26/1/2022) Pfizer mengatakan, jika semua tahapannya berjalan sesuai rencana, vaksin booster khusus varian Omicron kemungkinan bisa siap pada Maret mendatang.

Baca Juga : Pakar Kesehatan: Belum Ada Vaksin Covid-19 yang Sebabkan Orang Meninggal

Perusahaan obat dan vaksin tersebut mengharapkan sudah bisa memberikan kabar perkembangan terbaru di akhir bulan ini.

Baca Juga : KIPI Vaksin Covid-19 pada Anak Lebih Rendah dibanding Orang Dewasa

Sementara untuk Moderna, sang CEO, Stéphane Bancel dalam wawancaranya menyebutkan vaksin booster khusus Omicron yang dikembangkan perusahaannya tersebut harusnya sudah bisa segera masuk tahap uji klinis dalam waktu dekat.

“Kami percaya itu akan mengandung mRNA Omicron,” kata Stéphane

Ia menambahkan, saat ini Moderna sedang berdiskusi dengan para pemimpin kesehatan masyarakat dari seluruh dunia tentang strategi terbaik untuk mendistribusikan calon vaksin dosis keempat nanti musim gugur mendatang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini