Share

Cerita Penantian Irwansyah dan Zaskia Sungkar Punya Momongan, Konsultasi Keluar Negeri hingga Program Bayi Tabung

Mohamad Yan Yusuf, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 612 2538223 cerita-penantian-irwansyah-dan-zaskia-sungkar-punya-momongan-konsultasi-keluar-negeri-hingga-program-bayi-tabung-Rm330g0ieg.jpg Zaskia Sungkar dan Irwansyah. (Foto: Instagram)

KESABARAN pasangan selebritis Irwansyah dan Zaskia Sungkar selama 10 tahun menunggu momongan terbayar sudah. Tepat pada Selasa (30/3/2021) silam, pasangan ini akhirnya punya momongan.

Momen bahagia menjadi suka cita bagi kedua keluarga besar mereka yang kemudian menguploadnya melalui akun media sosialnya. "Assalamualaikum anak shalehku, Ukkasya Muhammad Syahki anak baik, Qurrata a’yun nya mami papa, yg nyusu nya nonstop,‎" tulis Zaskia dalam caption postingannya.

Meski sabar menunggu, kelahiran anak pertama mereka ini bukanlah tanpa perjuangan. Berbagai cara dilakukan keduanya demi mendapatkan buah hati, termasuk mengikuti program kehamilan.

Mereka melakukan beragam cara, mulai dari berkonsultasi hingga mengecek kandungan hingga ke luar negeri. Tak hanya itu, keduanya sempat alami trauma manakala mendapatkan vonis dari dokter yang belum melakukan pengecekan.

Jauh sebelum sukses melakukan program kehamilannya. Keduanya pernah lebih dahulu melakukan program inseminasi, penyuntikan sperma langsung ke rahim agar bertemu dengan sel telur.

Zaskia Sungkar

Sayangnya dua tahun melakukan proses ini, rejeki mendapatkan momongan tak kunjung datang. Meski tak berkecil hati, keduanya kian panik setelah adik Zaskia, Shireen Sungkar hamil dan memiliki momongan.

“Pas (Shireen punya) anak kedua, kok belum hamil juga ya. Pas Hawa lahir udah mulai agak panik kita, ‘Yang anaknya Shireen udah mulai gede, gimana ya’,” kata Zaskira dalam vlog The Sungkars Family yang diposting September 2020 lalu.

Tak menyerah, keduanya sempat bertandang ke Malaysia menjalani operasi endometriosis dan fibroid tahun 2017 lalu. Selain itu mereka juga sempat mencoba menjalani program bayi tabung di Belanda, negara yang kala itu menjadi domisili ibu Zaskia, Fanny Bauty.

Memilih Belanda bukanlah tanpa sebab. Biaya yang lebih murah serta banyaknya percobaan menjadi alasan dipilihnya negeri kincir angin itu. Sayangnya, proses administrasi berbelit membuat rencana itu pupus, program bayi tabung kemudian dipilih di Indonesia.

Sulit dan Trauma

Mengawali program bayi tabung dengan konsultasinya, keduanya sempat kecewa saat melewati program OPU (Ovarium Pick Up) di sebuah rumah sakit. Kala itu, dokter memvonis Zaskia sulit punya anak. Ucapan dokter dibuktikan dengan hasil USG transvaginal. "Bad news-nya adalah (dokter bilang) 'Kia, kamu ini, saya melihat kamu ada polipnya dari hasil USG transvaginal. Jadi mustahil untuk hamil'," tambah Zaskia.

Kondisi ini diperburuk manakala dirinya berkonsultasi dengan dokter. Saat merekam jejak medis hasil konsultasi dokter sebelumnya, si dokter buru buru memvonis keduanya tak memiliki anak. Padahal kala itu dokter belum melakukan pemeriksaan. "Kamu nih ada keturunan diabetes, kamu susah untuk punya anak'. Waw, gue belum dicek semuanya atau apa, lu sudah bisa divonis kayak gitu," cerita Zaskia.

Perjuangan keduanya dalam melakukan kehamilan berjalan mulus setelah transfer embrio sebagai bagian proses bayi tabung akhirnya sukses setelah delapan hari. Melalui test pack, Zaskia positif hamil, hal itu menjadi kebahagian istimewa bagi keduanya. "Itu benar-benar momen terindah dalam hidup aku selama aku nikah sama Irwan. Ya sudah, hari itu," kata Zaskia.

Layaknya wanita hamil pada umumnya, muntah, mual, hingga maag kambuhan saat malam hari kerap dialami olehnya. Tak hanya itu, ia juga sempat masuk rumah sakit karena diare saat kehamilan beranjak ke delapan bulan.

Meski demikian, kehamilan yang terjadi tak disia-siakan Zaskia. Ia terus menjaga kondisi kehamilannya. Suplemen, makanan bergizi dikonsumsinya selama masa kehamilan.

Perjuangan itu akhirnya terbayar lunas setelah akhir Maret 2021 lalu ia melahirkan anak pertamanya, Ukkasya Muhammad Syahki di RSIA Bunda Jakarta.

Baca pembahasan mengenai Program Hamil selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini