Share

6 Macam Terapi Program Hamil, Bayi Tabung hingga Akupuntur

Pratitis Nur Kanariyati, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 612 2538239 6-macam-terapi-program-hamil-bayi-tabung-hingga-akupuntur-H1xhnthWHH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TERAPI program hamil menjadi salah satu solusi bagi suami istri yang memiliki problem ketidaksuburan atau infertilitas. Infertilitas merupakan salah satu penyebab sulitnya pasangan untuk memiliki keturunan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah pada sistem reproduksi wanita maupun pria.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya pasangan suami istri akan melakukan berbagai hal seperti mengikuti terapi program hamil. Program hamil ini cukup membantu pasutri dalam mendapatkan momongan. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022), berikut enam macam terapi program hamil yang dihimpun Litbang MPI.

Inseminasi Intrauterin

Inseminasi intrauterin atau yang kerap dikenal dengan inseminasi buatan umumnya dilakukan pada kondisi jumlah sperma yang sedikit atau pergerakan sperma yang kurang baik. Pada terapi ini dokter akan memasukkan sperma ke rahim guna memfasilitasi terjadinya pembuahan.

Harapannya, sperma yang masuk ke tuba falopi bertambah sehingga kesempatan terjadinya pembuahan dapat meningkat. Selain itu, keberhasilan inseminasi buatan dapat meningkat jika dilakukan tidak hanya 1 kali (siklus). Meski demikian, keberhasilan prosedur juga tergantung pada usia, penyebab infertilitas, dan penggunaan obat kesuburan.

Bayi Tabung

In Vitro Fertilization/Bayi Tabung

Bayi tabung atau terapi in vitro fertilization (IVF) adalah salah satu perawatan medis untuk membantu reproduksi. Program bayi tabung dilakukan melalui proses pengambilan sel telur, penggabungan sel telur dan sel sperma di laboratorium. Setelah terjadi pembuahan, embrio akan dimasukkan ke dalam rahim.

Metode bayi tabung biasanya akan disarankan dokter ketika metode lainnya tidak efektif. Saat ini, banyak masyarakat hingga selebritis yang telah menerapkan metode IVF untuk mendapatkan momongan.

Suntik Hormon hCG

Hormon hCG atau human chorionic gonadotropin adalah hormon yang diproduksi plasenta sejak awal kehamilan. Terapi program hamil ini bekerja dengan cara membantu ovarium agar melepaskan sel telur secara optimal selama masa subur.

Semakin banyak dan semakin berkualitas sel telur yang dilepaskan, maka akan membuat wanita yang bersangkutan semakin subur. Hormon tersebut akan disuntikkan ke dalam otot paha bagian atas atau bokong.

ICSI (Injeksi sperma intracytoplasmic)

Mirip dengan inseminasi buatan, jenis program hamil ini juga dilakukan jika jumlah sel sperma si pria sangat sedikit atau pergerakan sperma tidak bagus. ICSI dilakukan dengan menyuntikkan sperma langsung ke dalam sel telur di laboratorium. Apabila telur yang dibuahi telah siap, maka akan dilakukan operasi dengan proses IVF normal untuk memasukkan telur ke dalam rahim si wanita.

Mengutip Takdir Saili dalam Jurnal "Intracytoplasmic Sperm Injection sebagai Teknik Reproduksi Bantuan Unggulan", dalam menjalankan ICSI, untuk mendapatkan jumlah sel telur yang memenuhi syarat kualitas dan kuantitas, maka istri harus diberi perlakuan induksi hormon. Pengambilan sel telur paling baik dilakukan 36 jam setelah injeksi hCG. Hal ini dimaksud agar sel telur yang diambil sudah matang sehingga siap dibuahi oleh sel spermatozoa.

Pembedahan Tuba Falopi yang Tersumbat

Saat saluran tuba tersumbat, sel telur tentu tidak dapat turun ke rahim. Hal tersebut akan memicu tidak terjadinya pembuahan sperma. Kondisi seperti ini biasa dialami oleh wanita yang menderita endometriosis. Melansir alodokter, endometriosis adalah kondisi ketika endometrium tumbuh di luar dinding rahim.

Pada kondisi ini, endometrium (jaringan yang melapisi dinding rahim) dapat tumbuh di ovarium, lapisan dalam perut (peritoneum), usus, vagina, atau saluran kemih.

Tuba falopi yang tersumbat dapat diatasi dengan pembedahan kanulasi. Dokter akan mencoba ‘membersihkan’ tuba falopi sebagai terapi program hamil sehingga mampu memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Terapi Akupuntur

Terapi akupuntur dapat dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mendapatkan momongan. Konon, terapi akupuntur dapat menyeimbangkan hormon. Melansir hellosehat, studi yang dilakukan oleh Shanghai University of Traditional Chinese Medicine menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengatasi masalah ketidaksuburan yang diakibatkan oleh gangguan keseimbangan hormon, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS merupakan kondisi yang sering ditemukan pada wanita yang sulit hamil. Terapi ini dilakukan dengan menusukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Tentunya terapi akupuntur ini ditangani oleh tenaga ahli yang telah terlatih.

Baca pembahasan mengenai Program Hamil selengkapnya di Celebrities.id melalui link berikut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini