Share

Sagu dan Edamame Bisa Jadi Solusi Camilan Sehat untuk Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 298 2538498 sagu-dan-edamame-bisa-jadi-solusi-camilan-sehat-untuk-anak-bMTZtE0Byj.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

SEORANG ibu harus kreatif saat memberikan anak-anak camilan. Sekalipun memberi camilan, tapi juga harus bermanfaat dan kaya gizi, seperti sagu dan edamame.

Foodbank Of Indonesia (FOI), kesadaran ibu dalam menentukan pilihan makanan keluarga masih minim. Maka para ibu didorong untuk kembali ke dapur untuk dan mengolah makanan dalam pemenuhan gizi anak.

“Di beberapa wilayah pinggiran kota, banyak dijumpai ibu-ibu yang memilih untuk membeli makanan instan untuk anak dan keluarganya. Dari keprihatinan itu lah, Bikin Dapur Ngebul untuk mengolah makanan sendiri yang baik untuk keluarga khususnya pemenuhan kebutuhan pangan anak," ujar Hendro.

 Edamame

Hendro menambahkan, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan harga yang relatif murah. Yaitu dengan mengonsumsi pangan lokal.

Ada pula banyak pangan yang dianjurkan pakar gizi sebagai camilan anak. Sebagai contoh olahan sagu dan edamame seperti yang diajarkan tim Food Technologist Austindo Nusantara Jaya (ANJ) dalam kegiatan ini.

Direktur Sustainability and Corporate Communications ANJ Group Nunik Mahariani mengatakan, sagu sebagai pangan lokal memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak. Sagu dan edamame adalah bahan sehat yang dapat diolah dengan kreatif, sehingga nafsu makan anak bertambah dan gizi pun tercukupi.

“Kami berharap agar ibu-ibu relawan dapat mengaplikasikan menu sehat dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dia menjelaskan, sagu mengandung kalsium, zat besi, dan kalium yang sangat dibutuhkan anak dalam untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat.

Sagu mengandung karbohidrat sehat yang tinggi sehingga bisa membantu menaikan berat badan si kecil dengan cepat. Sedangkan edamame dapat membantu pertumbuhan anak karena adanya kombinasi protein dan zat besi yang bagus untuk pertumbuhan sel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini