Share

Konsumsi Ikan Sepekan Sekali Kurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskuler

Antara, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 298 2538814 konsumsi-ikan-sepekan-sekali-kurangi-risiko-terkena-penyakit-kardiovaskuler-6bEyRQuL3j.jpg Ikan (Foto: NDTV)

PRAKTISI Nutrisi Dr. Raissa Edwina Djuanda menjelaskan, menurut sebuah penelitian terkait orang yang rutin mengonsumsi ikan satu kali per pekan memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kematian akibat penyakit kardiovaskuler (CVD) daripada mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

"Coba Anda dalam sepekan sekali makan ikan, itu sudah mengurangi risiko kematian akibat CVD," kata Raissa Edwina Djuanda.

 makan ikan

Selain itu, ujar dia, hasil riset lainnya menyebutkan bahwa konsumsi makanan laut yang cukup di masa kanak-kanak telah terbukti membantu perkembangan saraf, kognitif dan visual.

Alumnus kedokteran Universitas Indonesia ini kemudian mencontohkan ikan-ikan yang memiliki kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan, seperti ikan tuna yang sebagian besar lemaknya omega 3 dan mampu menyehatkan jantung, mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang dan menyehatkan mata.

Kemudian ikan teri dengan kandungan omega 3 dan selenium, membantu menurunkan kolesterol dan trigliserid serta meningkatkan imun. Lalu ikan kembung yang bisa mencegah asma dan diabetes.

Tak hanya ikan laut, ikan air tawar juga mengandung gizi dan bermanfaat bagi kesehatan, seperti ikan patin yang sangat cocok untuk pelaku diet dan meningkatkan sensitivitas insulin.

 BACA JUGA:Doyan Makan Ikan Mentah? Pelajari Cara Kurangi Risiko Terinfeksi Bateri

"Lemak ini bagus, lemak yang sehat kaya akan omega 3 juga, jadi boleh dimakan. Vitamin D ikan patin tinggi, sudah seperti minum kapsul vitamin," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini