Share

Vaksin Booster Berbayar bagi Masyarakat yang Tak Miliki Kartu BPJS? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 481 2538621 vaksin-booster-berbayar-bagi-masyarakat-yang-tak-miliki-kartu-bpjs-ini-faktanya-fqUAQKfmge.jpg Vaksin booster (Foto: SHRM)

SELAMA masa pandemi Covid-19, banyak sekali hoax dan informasi palsu yang beredar di masyarakat. Belum lama ini beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa vaksin booster tidak akan gratis bagi seluruh masyarakat.

Informasi tersebut menyebutkan bahwa masyarakat yang tidak memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wajib membayar secara mandiri untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19.

 vaksin booster

Sebagaimana diketahui, saat ini belum sepenuhnya masyarakat Indonesia yang mengikuti program BPJS Kesehatan. Tentunya informasi tersebut membuat sebagian masyarakat bertanya apakah mereka bisa mendapatkan vaksin booster Covid-19?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id Kamis (27/1/2022), memastikan bahwa informasi tersebut salah atau hoax. Faktanya vaksin booster dipastikan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah memang menyiapkan tiga opsi dalam program vaksinasi booster Covid-19 ini. Di antaranya adalah program pemerintah, Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan mandiri alias berbayar.

 BACA JUGA:3 Kendala Utama Peneliti untuk Kembangkan Vaksin Merah Putih

Namun, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan bahwa vaksinasi dosis ketiga ini gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar. Cek lagi informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini