Share

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami dan Obat, Ampuh!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 481 2538677 8-cara-menghilangkan-mata-ikan-secara-alami-dan-obat-ampuh-46E8p8UNyM.jpeg 8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara alami dan bantuan obat (Foto: Thehealthy)

8 CARA menghilangkan mata ikan secara alami dan bantuan obat ini bisa Anda coba di rumah. Cara ini mudah, praktis dan ampuh untuk membantu menghilangkan mata ikan. Apa saja?

Mata ikan (clavus) merupakan hiperplasia epidermis yang terjadi akibat pertumbuhan epitel berupa benjolan keras pada permukaan kulit terutama seperti kaki dan tangan.

Penyebab mata ikan adalah HPV, sering menggunakan sepatu yang tidak sesuai ukuran atau terlalu sempit, terjadi pergesekan atau penekanan secara terus menerus dan berlebihan antara telapak kaki dan alas kaki juga menjadi salah satu faktor risiko mata ikan.

Cara untuk mencegah agar terhindar dari mata ikan adalah menggunakan alas kaki yang lembut dan nyaman. Pada daerah tangan dapat menggunakan sarung tangan kain pelindung. Selain itu, ada juga beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata ikan sebagaimana dilansir dari laman The Healthy pada Kamis (22/1/2022).

Cuka sari apel

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami

(8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami, Foto: Thehealthy)

Kebanyakan krim yang dijual bebas mengandung asam (biasanya salisilat), yang melarutkan kulit tebal dan membantu lapisan ekstra rontok. Cuka sari apel bekerja dengan cara yang sama.

Cobalah mengoleskannya dengan bola kapas atau menahannya di bagian yang kasar selama beberapa menit agar meresap. Pasien dengan diabetes tidak boleh menggunakan ini, karena dapat menyebabkan luka yang mungkin tidak mengenai tumit.

Batu apung

Jadi rendam kaki Anda dalam air hangat selama sekitar 10 menit, lalu ambil batu apung ke area yang terinfeksi. Gosokkan dengan lembut di kulit Anda tanpa melukainya.

Lemon

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami

(8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami, Foto: Thehealthy)

Asam dalam lemon dapat membantu menyingkirkan mata ikan. Sebelum tidur, potong seiris kulit lemon dengan panjang sekitar satu inci dan lebar jari kaki Anda. Tempatkan empulur di atas mata ikan, kencangkan dengan perban dan tutupi dengan kaus kaki katun putih semalaman. Lanjutkan setiap malam sampai mata ikan hilang.

Minyak jarak

Gunakan kapas untuk mengoleskan beberapa tetes minyak jarak ke mata ikan, lalu tutup dengan pita perekat agar tidak bergerak. Kenakan kaus kaki lama untuk berjaga-jaga jika minyak jarak bocor. Perlu diingat, seperti cuka sari apel, minyak jarak memiliki asam yang dapat mengiritasi kulit normal.

Aspirin

Berikut cara menghilangkan mata ikan dengan aspirin: Hancurkan lima atau enam tablet aspirin yang tidak dilapisi dan campur dengan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah Anda menambahkan cukup banyak untuk membentuk pasta, gosokkan ke mata ikan atau kapalan, menggunakan perban untuk menahannya.

Setelah setidaknya sepuluh menit, benjolan harus cukup longgar untuk digosok perlahan dengan batu apung. Ini adalah salah satu kombinasi asam yang lebih kuat, jadi pastikan hanya mengoleskannya di mata ikan, bukan di kulit yang sehat.

Garam Epsom

8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami

(8 Cara Menghilangkan Mata Ikan secara Alami, Foto: Thehealthy)

Untuk kapalan, masukkan segenggam garam Epsom ke dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda selama sekitar 10 menit. Setelah kulit mati melunak, gunakan kikir kalus atau batu apung untuk melapisinya. Lanjutkan untuk menggosok mata ikan sedikit setiap hari setelah mandi. Cobalah scrub kaki buatan sendiri ini untuk memanjakan kaki Anda.

Soda kue

Sama seperti pasta aspirin, baking soda membantu Anda menyingkirkan mata ikan. Campurkan dengan air untuk membuat pasta yang bisa Anda gosokkan ke kulit.

Jika ragu, beli krim di pasaran

Jika Anda kesulitan melihat hasil dengan pengobatan rumahan, cobalah krim yang dijual bebas untuk mengobati mata ikan dan kapalan yang mengandung asam salisilat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini