Share

Pasien Omicron Diperkirakan Lebih Banyak yang Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 481 2538839 pasien-omicron-diperkirakan-lebih-banyak-yang-isolasi-mandiri-P6CSUutBc1.jpg Isolasi mandiri (Foto: Elle)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, masyarakat harus bersiap dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dalam waktu dekat.

Hal ini salah satunya disebabkan oleh varian Omicron yang terus melonjak. Hingga saat ini sudah terkonfirmasi sebanyak 1.988 orang terinfeksi Omicron di Indonesia.

 Omicron

Menkes mengatakan bahwa varian Omicron ini memiliki perbedaan utama dibandingkan dengan varian Delta yang sempat melanda Indonesia pada Juli 2021. Dalam kesempatan tersebut Menkes Budi juga menjelaskan mengenai beberapa ciri utama varian Covid-19 Omicron.

“Omicron memiliki kemampuan penularan yang cepat dan banyak. Oleh sebab itu dalam waktu yang singkat, Indonesia akan mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang sangat tinggi,” kata Menkes, dalam Konferensi Pers Kesiapan Gelombang Ketiga Covid-19.

Leboh lanjut, ciri varian Omicron lainnya adalah tingkat hospitalisasinya dan tingkat keparahannya yang lebih rendah. Sehingga diperkirakan nantinya pasien akan lebih banyak dirawat di rumah atau melakukan isolasi mandiri.

 BACA JUGA:Pengalaman Bella Shofie Terpapar Omicron di AS, Sembuh dalam 3 Hari

“Itu sebabnya strategi pemerintah untuk menghadapi omicron berbeda dengan delta. Kalau delta keparahannya tinggi sehingga harus menyiapkan rumah sakit. Kalau omicron banyak ini penularannya banyak tapi tingkat keparahannya ringan dan bisa sembuh tanpa harus dibawa ke rumah sakit,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini