Share

Kasus Omicron Terus Naik, Menkes Minta Kepala Daerah Percepat Vaksinasi Lansia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 481 2538893 kasus-omicron-terus-naik-menkes-minta-kepala-daerah-percepat-vaksinasi-lansia-2GTrqJQNUr.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MENTERI Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, cakupan vaksinasi lansia di masing-masing daerah masih belum merata. Ada beberapa daerah dengan cakupan vaksinasi Covid-19 masih rendah.

Oleh sebab itu pemerintah telah meminta para kepala daerah, Bupati, Walikota, dan Gubernur untuk segera memvaksinasi semua warganya yang tergolong lansia.

Vaksinasi Lansia

Sebagaimana diketahui, lansia adalah golongan masyarakat yang paling rentan mengalami perburukan dan risiko kematian akibat terinfeksi Covid-19. Oleh sebab itu, vaksinasi menjadi satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk melindungi mereka dari risiko yang tidak diinginkan.

Dalam Konferensi Pers Kesiapan Gelombang Ketiga Covid-19 yang disiarkan secara langsung di channel YouTube Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (27/1/2022), Menkes Budi memprediksi tentang pola penyebaran varian Omicron yang diperkirakan akan memuncak pada Februari-Maret 2022.

“Pengamatan kita mengenai pola penyebaran Omicron akan dimulai di Jakarta dulu, kemudian bergeser ke Jawa Barat dan Banten, menuju ke Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Kira-kira urutannya seperti itu kalau melihat pola penyebaran dari Genome Sequencing (WGS),” kata Menkes dalam penjelasannya.

Ia melanjutkan, saat ini pemerintah agak beruntung karena tingkat vaksinasi Lansia di Jakarta cukup tinggi. Sehingga bisa menjadi medan perang pertama dan paling siap dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia.

“Sehingga kita bisa menguji strategi kita seperti apa. Saya berharap bahwa untuk daerah lain yang masih rendah, itu harus dibantu untuk dipercepat vaksinnya. Saya terus menjaga komunikasi dengan Kapolri untuk membantu vaksinasi di daerah terpencil agar bisa difokuskan kepada Lansia,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini