Share

Sederet Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Salah Satunya Bantu Kontrol Gula Darah!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 481 2538931 sederet-manfaat-nangka-untuk-kesehatan-salah-satunya-bantu-kontrol-gula-darah-WYmn01u6pr.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

NANGKA menjadi buah favorit banyak orang di Indonesia. Buah ini biasanya dijadikan bahan campuran makanan dan minuman lain, seperti es buah.

Selain digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis makanan dan minuman, tetapi buah nangka rupanya memiliki khasiat yang luar biasa.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat nangka bagi kesehatan, berikut uraiannya seperti dilansir dari Stylecraze:

1. Bantu mengontrol gula darah

Nangka

Buah nangka memiliki indeks glikemik sedang berkisar dari 50 hingga 60. Diet yang kaya akan makanan rendah glikemik dapat membantu mengelola kadar gula darah. Indeks glikemik adalah sistem peringkat yang mengukur makanan yang meningkatkan kadar gula darah Anda. Para peneliti mengamati penurunan yang signifikan dalam gula darah, kolesterol LDL, dan kadar kolesterol total dari kandungan nutrisi buah nangka.

Baca Juga : Tangkal Radikal Bebas, Nangka Bisa Bantu Cegah Kanker Loh

Baca Juga : Deretan Khasiat Buah Nangka, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh

2. Turunkan risiko stroke dan penyakit jantung

Konsentrasi tinggi antioksidan, potasium, dan serat dalam nangka dapat menurunkan risiko stroke dan meningkatkan kesehatan jantung. Jadi, ingin terhindari dari penyakit kronis, coba konsumsi nangka ya. 

3. Dapat mempercepat penyembuhan

Nangka

Nangka kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang terkait dengan sintesis kolagen (senyawa penting untuk penyembuhan luka).

Nangka menunjukkan aktivitas penyembuhan luka yang tinggi, yang dikaitkan dengan kandungan flavonoidnya yang tinggi.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Nangka adalah buah yang kaya dengan kandungan magnesium dan mineral. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kuakutas tidur.

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh suplemen magnesium pada subjek lansia yang didiagnosis insomnia. Setelah 8 minggu konsumsi magnesium, peneliti melihat peningkatan waktu tidur dan penurunan gejala insomnia lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini