Share

Moderna Siapkan Booster Khusus untuk Lawan Varian Omicron

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 612 2538477 moderna-siapkan-booster-khusus-untuk-lawan-varian-omicron-EmXoDAmXey.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

BEBERAPA penelitian menyebut bahwa varian Omicron memang bisa menurunkan efikasi atau kemanjuran sebuah vaksin. Oleh karena itu, dibutuhkan vaksin tambahan atau booster untuk melindungi diri dari varian Omicron.

Karenanya, para produsen vaksin Covid-19 mengembangkan vaksin terbaru yang lebih ampuh untuk melawan varian omicron. Salah satunya adalah perusahaan Biotek asal Amerika Serikat Moderna.

Moderna pun telah memulai uji klinis vaksin booster untuk mengatasi varian Omicron. Uji coba akan melibatkan total 600 orang dewasa, setengahnya telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 Moderna setidaknya enam bulan, dan setengahnya telah menerima dua dosis ditambah dosis booster yang sebelumnya diizinkan.

Booster yang secara khusus menargetkan Omicron akan dievaluasi sebagai dosis ketiga dan keempat. Perusahaan juga melaporkan hasil kemanjuran terhadap Omicron booster yang telah disahkan.

Dikatakan bahwa enam bulan setelah pemberian suntikan booster, tingkat antibodi penetral terhadap Omicron berkurang enam kali lipat dari puncak yang diamati 29 hari setelah suntikan. Data ini diperoleh dengan mempelajari darah 20 orang yang menerima booster 50 mikrogram, setengah dari jumlah dua suntikan pertama.

"Kami diyakinkan oleh ketahanan antibodi terhadap Omicron dalam enam bulan setelah booster yang saat ini diizinkan," kata kepala eksekutif Moderna Stephane Bancel dikutip Channel News Asia (CNA).

"Meskipun demikian, mengingat ancaman jangka panjang yang ditunjukkan oleh lolosnya kekebalan Omicron, kami memajukan kandidat penguat vaksin varian khusus Omicron dan kami senang untuk memulai bagian dari studi Fase 2 ini," lanjut Bancel.

Lebih lanjut, Moderna mengklaim bahwa pihaknya telah memulai pendaftaran untuk uji klinis untuk vaksin khusus Omicron.

Sekadar informasi, selain Moderna perusahaan farmasi lainnya, Pfizer, juga telah memulai studi uji klinis vaksin khusus untuk memberikan perlindungan dari varian virus corona omicron.

Studi ini akan memeriksa respons imun dan keamanan suntikan baru pada 1.420 orang dewasa sehat berusia 18 hingga 55 tahun. Demikian kata Pfizer dan BioNTech, mitranya dalam vaksin pertama.

Pasalnya, data yang muncul menunjukkan perlindungan yang diinduksi vaksin terhadap infeksi dan penyakit ringan hingga sedang berkurang lebih cepat daripada yang diamati dengan jenis sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini