Share

Cara Kurangi Gejala OCD, Gangguan Mental yang Dialami Aliando Syarief

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 481 2539240 cara-kurangi-gejala-ocd-gangguan-mental-yang-dialami-aliando-syarief-MyIfVKaxyS.jpg Aliando Syarief idap gangguan mental OCD (Foto: @aliandooo/Instagram)

SETELAH sekian lama tak muncul di tv, Aliando Syarief memberikan pengakuan mengejutkan. Aliando Syarief mengaku mengidap gangguan mental yang dikenal sebagai OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Dikutip dari Mayoclinic, OCD (Obsessive Compulsive Disorder) adalah gangguan ketika orang memiliki pikiran, ide, atau sensasi berulang dan tidak diinginkan (obsesi) yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang (kompulsi).

Aliando Syarief

Kompulsi adalah kegiatan repetitif yang bertujuan untuk mengalihkan penyandang OCD dari obsesinya. Perlu diingat, kompulsi yang dialami oleh pemyandang OCD tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja, namun hingga berpuluh-puluh kali.

Penyebab OCD belum diketahui secara pasti. Berdasarkan penelitian dari American Psychiatric Assosiation telah menemukan bahwa faktor genetik dapat meningkatkan resiko timbulnya OCD sama seperti gangguan mental lainnya.

Baca JugaApa Itu OCD yang Diderita Aliando Syarief?

Baca Juga :  Terkuak! Menghilang dari Televisi, Ternyata si Ganteng Aliando Kena Gangguan Kesehatan Mental

Cara mengurangi gejala OCD

Seperti dilansir dari Mayo Clinic ada dua cara yang telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala OCD. Dua perawatan ini yaitu Terapi perilaku Kognitif (CBT) dan konsumsi obat-obatan antidepresan.

Terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan sejenis psikoterapi yang efektif untuk penyandang OCD. Biasanya, terapi ini diberikan secara bertahap dan memaparkan Anda pada objek atau obsesi yang ditakuti, seperti kotoran, dan meminta Anda mempelajari cara untuk menahan keinginan untuk melakukan ritual kompulsif Anda.

ERP membutuhkan usaha dan latihan, tetapi Anda dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik setelah Anda belajar mengelola obsesi dan kompulsi Anda.

Konsumsi Obat-obatan anti depresan

Mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan bisa menjadi salah satu cara mengobati OCD. Jenis antidepresan yang digunakan untuk penderita OCD disebut Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini