Share

Awas, TBC Bisa Bikin Badan Bongkok Sampai Lumpuh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 481 2539318 awas-tbc-bisa-bikin-badan-bongkok-sampai-lumpuh-Ndb0wcaimc.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

JANGAN anggap Tuberkulosis (TBC) hanya bisa menyerang paru-paru. Ternyata bakteri TBC juga bisa menyerang anggota tubuh lainnya, salah satunya tulang. 

Kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya gangguan tulang belakang. Ya, seperti disampaikan dokter ahli bedah saraf, Dr. Ibnu Benhadi, Sp.BS (K) masalah tulang belakang juga bisa diakibatkan oleh infeksi dan tumor loh!

Batuk TBC

“Kuman TBC kalau sudah masuk, infeksi menjalar sampai ke tulang dia akan makan tulang itu. Infeksi primernya di paru-paru, tapi bisa juga karena daya tahan tubuh orang itu rendah bisa sampai ke tulang dan tulang belakang karena dekat dengan paru-paru,” jelas Dr. Ibnu, dalam seminar daring, Kamis (27/1/2022).

Parahnya, infeksi TBC jika sampai menyebar ke tulang bisa menyebabkan tubuh menjadi bongkok. Hal ini disebabkan bakteri TBC menggerogoti tulang-tulang, yang membuat tulang jadi rapuh.

“Infeksi primernya di paru-paru, tapi bisa juga karena daya tahan tubuh orang itu rendah bisa sampai ke tulang belakang, rata-rata akan membuat tulang rapuh karena dimakan itu tulang, ya rusak. Tapi di sisi lain, beban berat kita tetap sama. Tulang yang dimakan bagian depan, akan cenderung lengkungannya mengarah ke depan. Sehingga kayak orang bongkok,” tambahnya.

BACA JUGA : Nyeri Tulang Belakang Akibat Jatuh Terduduk, Alami Keluhan-Keluhan Ini Segera ke Dokter!

BACA JUGA : Bisakah Nyeri Tulang Belakang Diobati? Begini Kata Dokter Bedah Saraf

Tidak hanya bisa membuat tulang-tulang di tubuh rapuh dan rusak. Penyebaran infeksi TBC, terparah juga bisa menyebabkan kelumpuhan pada seseorang.

“Kasus terparah bisa sampai lumpuh, saraf yang ada di sebelah tulang itu rapuh dan patah. Bayangin saraf yang lunak dan lembut, tiba-tiba tulangnya patah. Kalau halus, kalau patahnya tajam runcing bisa keiris ketusuk itu saraf atau kejepit,” pungkas Dr. Ibnu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini