Share

4 Langkah Ganti Popok Anak secara Benar, Hati-Hati Jangan Terlalu Kencang

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 612 2539377 4-langkah-ganti-popok-anak-secara-benar-hati-hati-jangan-terlalu-kencang-TcU2Z79Kka.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KETIKA memliki anak, kita memang menginginkan segala sesuatu yang praktis apalagi jika tidak memiliki asisten rumah tangga. Oleh karena itu, banyak teknologi yang dibuat untuk memudahkan sesorang dalam merawat bayi.

Salah satunya adalah popok sekali pakai, yang sangat membantu para orangtua. Jika dulu orang menggunakan popok kain, yang harus dicuci dan diganti setiap kali anak buang air, dengan popok sekali pakai, maka orangtua tidak perlu sering-sering mengganti popok bayi.

Popok saat ini sudah menjadi inovasi dan kebutuhan untuk anak dapat beraktivitas dengan lebih nyaman sehari- hari. Tapi, meskipun kering, idealnya popok harus diganti setiap dua hingga tiga jam sekali agar anak dapat tetap terjaga kebersihannya dan tetap sehat.

Namun seringkali ritual menggantikan popok menjadi tantangan bagi orang tua khususnya yang baru memiliki anak dan sang buah hati sangat aktif bergerak. Tidak sedikit yang akhirnya kebingungan menerapkan langkah yang tepat dan mudah mengganti popok anak secara benar.

Berikut beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk mengganti popok secara benar mengutip Antara dari siaran pers Makuku.

Popok

Langkah Pertama

Orangtua harus mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan sebelum mengganti popok bayi. Sebelum mengganti popok si kecil, jangan lupa persiapkan barang-barang seperti tisu basah, krim untuk ruam popok, baju ganti bila perlu, tempat yang bersih untuk mengganti popok, kantong untuk popok kotor, dan tentunya popok bayi yang baru.

Selain itu, pastikan tangan ibu, ayah, atau yang akan menggantikan popok bayi sudah tercuci bersih. Dengan cara demikian, anda akan lebih mudah menangani anak saat penggantian popok berlangsung tanpa harus kebingungan mencari barang yang mungkin tercecer.

Langkah Kedua

Buka popok bayi yang sudah terpakai dan kotor. Setelah meletakkan si kecil di alas yang bersih, bukalah perekat popok yang kotor secara perlahan agar perekat dan popok tidak sobek.

Setelah itu, angkat bagian depan popok yang kotor dan turunkan ke bawah. Kemudian, angkatlah bokong anak dengan memegang kedua pergelangan kakinya ke atas secara perlahan. Ambil bagian depan popok, lipat hingga menutup bagian belakang yang kotor, serta buanglah ke kantong sampah yang sudah disediakan.

Langkah Ketiga

Ini menjadi langkah yang sangat penting yaitu pastikan anda membersihkan kulit bayi sebelum memakaikan popok baru. Bersihkan alat kelamin, bokong, serta lipatan paha bayi dari kotoran maupun urine yang menempel dengan menggunakan tisu basah hingga bersih.

Selain itu, pastikan agar ibu dan ayah membersihkan bokong bayi dari arah depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi saluran kemih.

Langkah Keempat

Langkah keempat dan terakhir adalah proses pakaikan popok bersih pada anak. Langkah ini yang menjadi menantang bagi orang yang belum pernah berhadapan langsung dengan proses penggantian popok. Untuk itu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka popok bersih dan selipkan di bawah bokong anak dan geserkan popok ke arah pinggang.

Kemudian, tarik popok bagian depan ke arah perut anak dan pastikan bagian depan dan belakang popok sejajar untuk mencegah kebocoran. Pada anak laki-laki, arahkan alat kelaminnya ke bawah agar urine tidak membasahi bagian atas. Kemudian buka perekat popok dan tarik ke arah perut untuk dikencangkan.

Namun, hati-hati untuk tidak merekatkan popok terlalu kencang karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi si kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini