Share

3 Tips Mencuci Sayur dan Buah agar Bebas Pestisida

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 612 2539450 3-tips-mencuci-sayur-dan-buah-agar-bebas-pestisida-bwVu2xYYlq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH dan sayur memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, banyak vitamin dan mineral yang bisa didapat dari mengonsumsi buah dan sayur.

Hanya saja, meskipun keduanya sehat tapi bukan berarti tidak berbahaya untuk tubuh. Pasalnya, biasanya ketika orang menanam sayur dan buah, maka akan ada pestisida yang digunakan untu kmengusir hama.

Bahkan sebagian besar buah dan sayuran yang Anda beli di pasar memiliki kandungan pestisida. Paparan pestisida dalam waktu lama pun bisa memicu beberapa gangguan kesehatan.

Zat kimia yang dipakai untuk membasmi hama pada tanaman ini memang masih menjadi cara yang digunakan oleh petani sayur dan buah di Indonesia, untuk menjaga kualitas hasil panen dan terhindar dari gagal panen. Menurut penelitian, pestisida yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel tubuh dan menganggu kinerja organ tubuh.

Berikut cara mencuci sayur dan buah agar terbebas dari kandungan pestisida, seperti dilansir dari Highend.

Merendam dalam air garam

Garam

Merendam sayur dan buah di dalam air garam selama 20 menit efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Setelah direndam air garam, bilas terlebih dahulu dengan air bersih kemudian buah dan sayur-sayuran siap diolah menjadi hidangan.

Merendam dalam air cuka

Air Cuka

Cuka merupakan zat asam kuat yang dapat menghilangkan pestisida dan membunuh kuman yang ada pada buah dan sayuran. Siapkan baskom yang sudah diisi air lalu tambahkan semangkuk cuka. Cuci buah dan sayuran sampai bersih lalu bilas dibawah air mengalir.

Baking soda

Baking Soda

Salah satu langkah efektif untuk menghilangkan residu pestisida adalah dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda kedalam wadah yang telah diisi air, kemudian rendam buah dan sayuran selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini