Share

Cantiknya Baju Batik Cheongsam, Simbol Toleransi di Perayaan Imlek

Intan Afika Nuur Aziizah, Okezone · Minggu 30 Januari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 194 2539594 cantiknya-baju-batik-cheongsam-simbol-toleransi-di-perayaan-imlek-9gHJU2kLKy.jpg Perpaduan indah Batik dan Cheongsam (Foto: Intan Afika Nur Azizah/MPI)

MERAYAKAN Tahun Baru Imlek 2022 rasanya kurang lengkap tanpa menggunakan baju cheongsam atau qipao. Tak heran jika para desainer berlomba-lomba mengeluarkan koleksi terbarunya di momen Imlek 2022, salah satunya desainer Eni Joesoef.

Meskipun Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19, Eni tetap bersemangat melestarikan budaya Indonesia melalui baju cheongsam. Ya, Eni Joesoef memadukan unsur batik nusantara dalam baju cheongsam.

Batik Cheongsam

Bukan tanpa alasan, Eni meluncurkan koleksinya ini agar masyarakat Indonesia bisa ikut memeriahkan Hari Imlek tahun ini.

"Tujuannya adalah saya ingin menumbuhkan rasa antara kita sebagai warga negara Indonesia untuk bisa merasakan atau merayakan Tahun Baru China tahun ini," kata Eni Joesoef dalam acara Imlek Nusantara di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Batik Cheongsam

Eni Joesoef sadar betul Indonesia ini memiliki beragam suku dan budaya. Oleh karena itu, sebagai desainer, Eni ingin turut andil dalam membangkitkan rasa toleransi melalui karyanya ini.

"Bangsa Indonesia itu terdiri dari beberapa suku, berbagai daerah kan termasuk kaum Tionghoa. Nah, saya berharap kita sebagai masyarakat Indonesia bisa saling toleransi apalagi umat beragama, kebudayaan, saya sebagai desainer ingin ikut berpartisipasi," ujar Eni.

Eni Joesoef memilih kain batik tulis sebagai material utama pada bajunya. Sementara untuk model baju, dia memilih desain yang glamor nan elegan dengan warna-warna khas Hari Imlek. Aksen emas pun turut menghiasi baju-baju cheongsam itu.

Eni Joesoef sendiri mengaku tak merasa kesulitan saat mendesain baju cheongsam ini. Pasalnya, baju khas Tionghoa ini sudah memiliki acuan tersendiri.

"Nggak terlalu besar sih bagi saya karena sebenarnya cheongsam sudah ada pakem-pakemnya ya. Jadi nggak terlalu banyak," ucapnya.

Batik Cheongsam

Tahun 2023 nanti, Eni Joesoef berniat merancang baju cheongsam menggunakan kain batik nusantara lainnya. Tentu saja hal ini dilakukan demi melestarikan budaya Indonesia.

"Harapan saya untuk kedepannya saya ingin kain nusantara yang lain juga bisa digunakan untuk cheongsam juga misalnya kain Flores, Bali, Irian Jaya mungkin nanti tahun depan saya coba dengan kain nusantara lain," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini