Share

Berburu Makanan Khas Imlek dari Pontianak di Jakarta, Ce Huan Tiau dan Cha Ko Kue

Novie Fauziah, Okezone · Minggu 30 Januari 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 298 2539940 berburu-makanan-khas-imlek-dari-pontianak-di-jakarta-ce-huan-tiau-dan-cha-ko-kue-AXRkkxyfvY.jpg Makanan Khas Imlek dari Pontianak (Foto: Novie/MPI)

MERAYAKAN Tahun Baru Imlek 2022 kurang lengkap rasanya tanpa berwisata kuliner. Di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK 2) untuk berburu makanan khas Imlek

Pantjoran PIK 2 kini dibuka dengan area yang lebih luas untuk Imlek 2022. Anda bisa mencicipi berbagai kuliner lezat, jajanan khas. Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) misalnya.

Makanan Khas Imlek

Ce huan tiau dan Cha ko kue, dua jenis kuliner ini merupakan jajanan tradisional khas Pontianak. Khususnya warga Tionghoa, di mana keberadaannya sudah ada sejak zaman dulu.

BACA JUGA : Sejarah Kue Keranjang, Makanan Khas Imlek Lambang Keberuntungan dan Kemakmuran

BACA JUGA : 8 Makanan Khas Imlek yang Dipercaya Pembawa Keberuntungan

Ce huan tiau merupakan makanan terbuat dari sagu, berbentuk memanjang halus, disajikan sebagai dessert yang campur dengan kuah santan dan gula merah cair.

Ada juga yang Ce huan tiau komplit yang dicampur dengan bongko, kacang merah, jali mutiara, kacang hijau, potongan cincau hitam, hingga bola-bola taro (terbuat dari ubi ungu).

Makanan Khas Imlek

Disiram menggunakan santan dan gula merah cair. Agar lebih nikmat ce huan tiau disajikan dingin, yakni menggunakan es batu. Rasanya manis, segar dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Sementara Cha ko kue terbuat dari tepung beras, parutan wortel, ebi, telur omega, bawang putih, daun bawang dan bumbu khasnya dicampur hingga rata. Rasanya gurih dan teksturnya kenyal.

Pemilik kedai Ahaw jajan khas Pontianak, Zhang ZE haw atau akrab disapa Ahaw mengatakan, semua makanan tersebut terinspirasi dari masa kecilnya. Di mana ibunya kerap membuatkan makanan tersebut.

"Dulu namanya kami orang susah, ingin makan dan camilan yang enak dan sehat," katanya kepada MNC Portal, di Pantjoran, PIK 2, Jakarta Utara, baru-baru ini. 

Makanan Khas Imlek

Ahaw menjelaskan, bahwa hampir semua bahan-bahan yang digunakan alami. Sehingga tetap sehat, dan aman jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Selain itu Ahaw menambahkan, sejak ia berjualan sejak 2015, biasanya saat Tahun Baru Imlek penjualannya semakin meningkat, keuntungannya bisa berkali-kali lipat. Apalagi dia kuliner ini merupakan camilan khas Tionghoa yang semakin memeriahkan hari raya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini