Share

5 Ritual Wajib saat Imlek yang Dipercaya Buang Sial dan Dapat Hoki

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 612 2540052 5-ritual-wajib-saat-imlek-yang-dipercaya-buang-sial-dan-dapat-hoki-xYcywFkKeT.jpg Ritual Wajib saat Imlek (Foto: Golviv)

SEBENTAR lagi Tahun Baru Imlek 2022. Biasanya, saat perayaan Imlek masyarakat keturunan Tionghoa menjalani berbagai ritual wajib yang menjadi tradisi mereka.

Seperti membersihkan rumah hingga makan bersama keluarga. Berikut ulasan lengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membersihkan rumah

Tradisi Imlek

Membersihkan rumah memang hal wajib bagi semua orang. Tetapi, bagi masyarakat keturunan Tionghoa seluruh keluarga wajib untuk membersihkan rumah.

Karena mereka percaya bahwa dengan membersihkan rumah, maka seluruh nasib buruk yang ada di tahun lalu ikut terbuang bersama kotoran-kotoran di rumahnya tersebut.

BACA JUGA : 3 Angka Hoki untuk Kirim Angpao di Imlek 2022 Menurut Feng Shui

2. Silaturahmi

Sowan ke keluarga Sebagian orang percaya bahwa setiap merayakan Imlek Anda diwajibkan mengunjungi kerabat atau keluarga terdekat, demi menghormati dan mempererat tali kasih antar keluarga tersebut.

Kebanyakan seorang keturunan Tionghoa berkunjung dan berkumpul di rumah orangtuanya. Tapi, di era pandemi Covid-19, selalu taat mengikuti kebijakan yang diterapkan pemerintah ya, dan patuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA : 8 Makanan Khas Imlek yang Dipercaya Pembawa Keberuntungan

3. Bakar Kim Cua dan Gin Cua

Ritual membakar kertas berwarna kuning yang bagian tengahnya berwarna emas (kim cua) dan perak (gin cua), masuk sebagai ritual khas yang dilakukan orang Tionghoa untuk merayakan Imlek. Membakar kertas tersebut dipercaya bisa menambah tabungan di Surga.

4. Makan bersama keluarga

Makan Bersama Tradisi imlek

Selain berkumpul bersama keluarga, biasanya orang-orang keturunan Tionghoa melakukan makan bersama dengan keluarga besarnya. Hidangan yang disajikan juga beragam, mulai dari Ikan Bandeng, Pangsit, dan aneka kue khas Imlek lainnya. Kepercayaan Khonghucu yakin dengan menyajikan makanan itu mampu membawa keberuntungan dalam hidupnya.

5. Berdoa di Vihara

Setiap keluarga keturunan Tionghoa selalu datang ke vihara pada hari ketiga Tahun Baru Imlek untuk menyalakan dupa dan berdoa kepada dewa. Bagi mereka ini demi mendapat berkat yang menimbulkan keberuntungan dalam hidupnya di tahun mendatang. Oleh karena itu, hal ini selalu wajib dan menjadi list ritual wajib bagi kepercayaan Khonghucu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini