Share

Ternyata Ini Makna Tradisi Bersih-Bersih Rumah Sebelum Imlek

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 612 2540583 ternyata-ini-makna-tradisi-bersih-bersih-rumah-sebelum-imlek-5lorGoMF2E.jpg Tradisi bersih-bersih rumah saat momen Imlek (Foto: Greenqueen)

TAHUN Baru Imlek menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Ada beragam tradisi yang biasa dilakukan untuk merayakan Imlek. Salah satu ritual penting adalah bersih-bersih rumah.

Tak hanya sekedar bersih-bersih saja, namun ritual ini ada hitungan tanggalnya sendiri untuk melakukannya. Mengutip laman Richmond, pembersihan musim semi biasanya dimulai pada tanggal 24 bulan lunar ke-12, yang tahun ini jatuh pada 26 Januari, sedangkan Tahun Baru Imlek tahun ini jatuh pada 1 Februari.

Tradisi Imlek

Lalu mengapa harus ada ritual bersih-bersih rumah?

Secara garis besar ritual ini dilakukan untuk mengusir kesialan. Debu dalam bahasa Cina adalah homofon untuk "tua" dan itulah sebabnya membersihkan rumah adalah simbol untuk mengusir kesialan dari tahun sebelumnya dan membuka pintu keberuntungan.

Membersihkan tempat tinggal meliputi menyapu rumah, membersihkan jendela, memperbaiki barang pecah belah dan bahkan mencuci piring.

BACA JUGA : Dianggap Pembawa Sial, Ini 5 Kado Terlarang saat Imlek!

Banyak orang juga memanfaatkan waktu ini untuk mengecat ulang rumahnya atau memperbaiki benda di rumah yang sedang rusak.

Tradisi Imlek

Biasanya, sebuah ruangan atau rumah dibersihkan mulai dari pintu masuk ke tengah, dan jika Anda memiliki pintu belakang, di sanalah sampah dibuang. Orang-orang percaya bahwa pintu depan adalah pintu masuk tempat keberuntungan datang.

BACA JUGA : 5 Ritual Wajib saat Imlek yang Dipercaya Buang Sial dan Dapat Hoki

Semua ini harus dilakukan sebelum tengah malam Tahun Baru Imlek. Dan perlu dicatat, tidak boleh membersihkan rumah yang dilakukan pada hari Tahun Baru Imlek.

Ada beberapa keluarga yang sangat menjunjung tinggi tradisi ini, sehingga alat pembersih seperti sapu disingkirkan dan tidak digunakan setidaknya selama beberapa hari pertama setelah Tahun Baru dimulai atau jika tidak, keberuntungan yang dibawa akan tersapu bersih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini