Share

Ini Makna Bakar Lilin dalam Perayaan Imlek yang Belum Banyak Diketahui

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 612 2540885 simak-ini-makna-bakar-lilin-dalam-perayaan-imlek-yang-belum-banyak-diketahui-LGR50jnngL.jpeg Makna bakar lilin dalam perayaan Imlek. (Foto: Sukardi/MNC Portal)

PERAYAAN tahun baru China atau Imlek identik dengan ibadah di wihara. Doa dan harapan dihaturkan secara khidmat, seraya membakar lilin. Beberapa lilin berukuran besar pun berdiri di dekat altar doa.

Bukan sekadar dekorasi, lilin-lilin yang ada di dekat altar doa memiliki makna yang mendalam. Menurut Awai, tokoh Tionghoa di Wihara Dharma Bakti Petak Sembila, Glodok, Jakarta Barat, bahkan lilin tersebut 'titipan' jemaat wihara.

Baca juga: Ramai saat Imlek, Ini 5 Kuliner Paling Enak di Petak Enam Glodok 

Makna bakar lilin dalam perayaan Imlek. (Foto: Sukardi/MNC Portal)

Baca juga: Simak, 9 Aturan Prokes Perayaan Imlek di Tengah Pandemi Covid-19 

"Iya, lilin-lilin ini titipan jemaat wihara yang ingin didoakan harapan dan keinginannya di Imlek 2022 ini," kata Awai saat diwawancarai MNC Portal, Selasa (1/2/2022).

Soal makna di balik lilin-lilin yang dibakar di perayaan Imlek, Awai mengatakan bahwa itu simbolis dari doa dan harapan yang dipanjatkan kepada Tuhan. Jadi saat lilin dibakar, asap yang mengepul seperti mengantarkan doa ke Tuhan.

Itu juga yang kemudian membuat lilin-lilin di perayaan Imlek beraneka ragam. Ya, makin besar lilin diharapkan makin panjang kemakmuran atau doa yang tersampaikan.

Baca juga: Carla Yules Akui Jadi Orang yang Berbeda Usai Menjabat Miss Indonesia 

"Jadi, makin besar lilin, makin lama dia ada di wihara, dan makin panjang juga umur doa dan harapannya," ungkap Awai.

Selain lilin, jemaat juga membakar hio atau semacam lidi dengan ujung berwarna merah. Hio pun pemaknaannya tidak jauh berbeda dengan membakar lilin.

Baca juga: Dokter Reisa Ungkap 2 Syarat Pasien Covid-19 Boleh Lakukan Isoman 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini