Share

Jarang Diketahui, Makan Ikan Tenggiri Bisa Cakup 57 Sumber Protein Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Kamis 03 Februari 2022 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 298 2541607 jarang-diketahui-makan-ikan-tenggiri-bisa-cakup-57-sumber-protein-loh-F1GWKAX3DN.jpg Camilan yang terbuat dari ikan tenggiri.(Foto: Instagram)

PROTEIN sangat diperlukan tubuh untuk menambah kekuatan otot dan manfaat lain. Ikan tenggiri salah satu sumber pangan berprotein yang diolah mudah sebagai lauk atau camilan sehari-hari.

Ikan tenggiri (Scomberomorus commersoni) adalah jenis ikan laut pelagis yang memiliki cita rasa nikmat dan khas yang disukai masyarakat Indonesia. Ikan tenggiri merupakan ikan lokal yang tinggi protein.

Menurut keterangan Kementerian Kesehatan, kadar proteinnya mencapai 21,4 gram per 100 gram daging ikan tenggiri. Protein ikan memberi kontribusi terbesar dalam kelompok sumber protein hewani, sekitar 57,2%.

 BACA JUGA:Cek Cara Membuat Papeda Ikan Tenggiri ala Lord Adi

Di samping itu, ikan tenggiri juga kaya asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. The American Heart Association pun mengajurkan Anda untuk makan ikan setidaknya dua kali per minggu.

Otak

Kandungan baik dalam ikan bisa menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Lalu bagaimana mengolah ikan tenggiri ini sebagai lauk atau camilan sehari-hari?

Co-owner Prabu Food Reiko Nishio menuturkan, ada banyak jenis camilan dari ikan tenggiri. Misalnya otak-otak bakar, otak-otak goreng, siomay dan dimsum bercita rasa legendaris khas Indonesia.

"Otak-otak bakar dan otak-otak goreng atau siomay misalnya dibuat dengan bahan dasar 100% daging ikan tenggiri tanpa ada campuran kulit. Ikannya pun segar dan dipisahkan antara daging, kulit dan tulangnya," katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sebagai tambahan rasa dan protein, biasanya camilan tersebut didominasi dengan daging ayam dan udang. Rasanya pun semakin gurih dan menggugah selera.

Untuk kesegaran daging ikan tenggirinya bisa dirasakan dari aroma makanan yang harum tanpa ada bau amis, dan rasa yang gurih nikmat tanpa ada rasa gatal. Jika sebaliknya, maka bahan baku ini tak layak konsumsi.

"Semua ini perlu dipertimbangkan karena tujuannya adalah menciptakan pilihan camilan sehat yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh, khususnya protein, makronutrien yang sangat penting bagi tubuh," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini