Share

9 Tips Sehat Bekerja di Depan Laptop Seharian

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 481 2542182 9-tips-sehat-bekerja-di-depan-laptop-seharian-ShIxJ3uePc.jpg Tips sehat bekerja di depan laptop seharian (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pekerjaan yang menuntut untuk di depan laptop atau komputer selama berjam-jam sudah menjadi rutinitas banyak kalangan. Berbagai tugas yang harus diselesaikan bikin tidak bisa lepas dari perangkat.

Dirangkum dari berbagai sumber, ingatlah jika terlalu lama di depan komputer dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Mulai dari risiko penambahan berat badan karena kurang gerak, sakit kepala atau pusing, pegal di area leher, pinggang dan bahu hingga mata lelah.

Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer atau laptop dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dan gangguan mata lainnya. Agar bisa tetap sehat meski harus bekerja di depan laptop atau komputer seharian, coba 9 tips sehat di bawah ini.

1. Atur Kecerahan Layar Monitor

Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar tidak kesulitan dalam melihat monitor.

2. Gunakan Screen Protector

Usahakan untuk memasang screen protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata. Dengan memasang pelindung layar, mata Anda jadi tidak cepat lelah saat melihat layar monitor.

3. Atur Jarak Pandang Mata

Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 - 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

4. Istirahatkan Mata

Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun saat menatap layar monitor, mata kita akan lebih jarang berkedip. Maka dari itu usahakan setiap 1 jam sekali istirahatkan mata.

Cukup 5 menit saja tidak melihat monitor agar mata tidak mudah iritasi atau mudah lelah. Cobalah olahraga mata (menggerakkan bola mata ke atas, bawah, samping) sebagai stimulasi otot mata.

5. Alihkan Pandangan

Saat menatap monitor mata hanya akan tertuju pada satu objek saja. Usahakan untuk mengalihkan pandangan sejenak dari monitor. Misalnya, melihat pemandangan di sekeliling, bahkan lebih baik jika ada pepohonan hijau di sekitar. Lakukan hal ini agar mata tidak lelah sekaligus untuk mengusir kepenatan yang membuat kepala pusing.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin A sebagai investasi untuk kesehatan mata di masa depan.

7. Periksa Mata Rutin

Lakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi kesehatan mata yang paling akurat. Usahakan periksa setiap 3 bulan sekali supaya jika suatu saat ada keluhan, bisa segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

8. Gunakan Kursi Lipat dengan Sandaran saat Lesehan di Lantai

Ini dia salah satu tempat favorit untuk kerja atau nonton di laptop yaitu lesehan di lantai. Namun kalau berlama-lama duduk di lantai apa lagi tanpa meja atau penopang laptop yang pas, dijamin punggung hingga tulang ekor akan terasa sakit. Solusinya, gunakan kursi lipat lesehan lantai yang empuk.

9. Gunakan Meja Lipat Khusus Laptop

Daripada tengkurap atau meletakkan laptop di pangkuan, akan jauh lebih baik jika menggunakan meja khusus laptop seperti ini. Punggung tetap berada di posisi bersandar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini