Share

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Polio atau Poliomyelitis?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 481 2542304 bagaimana-cara-mencegah-penyakit-polio-atau-poliomyelitis-erfP6GRL69.jpg 0Cara Mencegah Polio. (Foto: Freepik)

BANYAK ahli yang mencari tahu bagaimana cara mencegah penyakit polio karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya dan dapat menganggu pertumbuhan. Untung saja pada saat ini para ahli telah menemukan caranya.

Polio atau Poliomyelitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Dilansir dari website infeksiemerging kemenkes, , Polio dapat menyerang segala usia namun yang paling rentan adalah anak anak dibawah usia lima tahun. Penyakit yang diidentifikasi sudah ada sejak tahun 1900an ini dapat menyebar melalui kontak orang ke orang dengan lingkungan kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Untuk itu, Okezone.com telah merangkum beberapa cara pencegahan penularan penyakit polio.

 Mencegah Polio

Melakukan Imunisasi

Cara ini merupakan tindakan paling efektif dalam mencegah penyakit polio. Vaksin yang diberikan sebanyak empat kail dalam empat bulan pertama pada bayi dapat melindunginya dari virus polio seumur hidupnya.

Menggunakan Masker

Virus polio dapat juga menyebar melalui kontak langsung (droplet) dengan penderita, sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan masker bagi yang sehat maupun yang sakit demi menjaga kesehatan tubuh orang lain dan diri sendiri.

Menjaga Lingkungan

Menjaga kesehatan lingkungan dan sanitasi air sangatlah penting mengingat virus polio juga dapat menular melalui keadaan lingkungan yang buruk. Penerapan buang air besar (BAB) sebaiknya segera dikendalikan dan mengalihkannya dengana membuat septic tank. Hal ini dikarenakan virus polio dapat berada dalam feses manusia.

Menjaga Kebersihan Diri

Kebersihan merupakan pangkal dari hidup sehat dan jauh dari penyakit. Maka dari itu menjaga kebersihan diri sendiri sangatlah penting. Hal dasar yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah mandi 2 kali sehari, mencuci tangan sesudah buang air besar atau kecil, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Makan dan Minum

Selain menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan , yang perlu diperhatikan lagi adalah kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Masaklah makanan hingga matang untuk mematikan virus dan bakteri, begitu juga dengan air untuk dikonsumsi.

Nutrisi

Imunisasi dan menjaga kebersihan saja tidak cukup, anda juga perlu memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh agar imun meningkat sehingga tidak mudah sakit.

Itulah bagaimana cara mencehah penyakit polio yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga dan orang-orang terkasih. Semoga artikel ini bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini