Share

Waspada Kelainan Bagi Orang yang Hobi Makan Es Batu

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 612 2542235 waspada-kelainan-bagi-orang-yang-hobi-makan-es-batu-a9NZA5pfLu.jpeg Es Batu.

PEMBACA punya kebiasaan memakan benda-benda aneh seperti makan es batu atau kertas? Ternyata kebiasaan tersebut merupakan sebuah kelainan dan dalam bahasa kedokteran kelainan ini biasa disebut dengan “pica”.

Dalam episode terbaru podcast Kata Dokter yang dibawakan oleh dr. Nadia Alaydrus, dijelaskan bahwa pica adalah keinginan untuk memakan benda-benda yang tidak memiliki nilai gizi.

“Misalnya es batu, makanin kertas, kapur atau pasir,” jelas dr. Nadia menjelaskan biasanya apa saja yang biasa dimakan orang yang memiliki kelainan atau biasa disebut pica.

Dalam podcast tersebut juga dijelaskan sebuah kelainan dimana seseorang ketagihan memakan es batu. Kelainan tersebut biasa disebut “Pagophagia”.

Es Batu

Menurut dr. Nadia, kelainan tersebut bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Masih dalam podcast Kata Dokter, menurutnya kelainan ini (pagophagia) disebabkan karena beberapa hal.

“Pica ini muncul akibat, seseorang mengalami kekurangan suatu nutrisi. Dalam penderita pagophagia ini, orang tersebut kekurangan zat besi atau anemia,” jelas dr. Nadia.

Pada episode ke-50 podcast Kata Dokter ini juga dijelaskan secara detail apa yang dialami oleh tubuh si penderita pagophagia ini. Selengkapnya bisa pembaca dengar di AUDIO+ di aplikasi RCTI+ secara gratis.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini