Share

11 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Perlu Diwaspadai

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 612 2542480 11-penyebab-sakit-perut-sebelah-kiri-perlu-diwaspadai-JLQFpCb3ZQ.jpg Sakit Perut Sebelah Kiri. (Foto: Shutterstock)

ADA 11 Penyebab sakit perut sebelah kiri. Perlu diketahui, perut sebelah kiri merupakan tempat beberapa organ vital baik sebelah kiri atas maupun bawah.

Contohnya pada sebelah kiri atas terdapat lambung, limpa, pankreas, bagian kiri hati, ginjal kiri, dan kelenjar adrenal. Sementara itu, perut sebelah kiri bawah menjadi tempat bagian akhir usus besar dan ovarium.

Umumnya, rasa sakit yang dirasa pada bagian perut sebelah kiri tidaklah berbahaya, terutama saat tidak ada gejala lain yang mengganggu. Namun, tidak menutup kemungkinan keluhan tersebut muncul akibat gangguan pencernaan atau masalah pada organ-organ dalam perut.

Adapun jika okezoners merasakan sakit perut sebelah kiri karena cedera atau kecelakaan harus segera mendapatkan bantuan medis. Lantas, apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri? Berikut 11 penyebabnya.

Sakit perut sebelah kiri

1. Gas yang terjebak dalam usus

Sistem pencernaan dalam memproses makanan akan menghasilkan gas. Jika gas bergerak terlalu lambat atau tidak bisa bergerak sama sekali akan terjebak dalam usus. Akibatnya, akan mengalami perut melilit, perut begah, dan kentut berlebihan.

2. Pankreatitis akut

Pankreatitis akut merupakan kondisi ketika pankreas mengalami peradangan secara mendadak. Nyeri biasanya muncul pada perut sebelah kiri atas (epigastrium) yang menjalar ke punggung. Umumnya, peradangan kadang bisa melibatkan organ lain.

3. Gastritis

Asam lambung memang berhubungan erat dengan sakit perut sebelah kiri. Lantaran produksi asam lambung yang berlebih, infeksi bakteri H. pylori, dan konsumsi obat NSAID bisa menyebabkan radang lambung alias gastritis.

Gejalanya yakni; sakit perut sebelah kiri (yang mungkin membaik setelah makan), mual, dan perut terasa penuh.

4. Angina

Terkadang saat beraktivitas merasa nyeri bagian perut sebelah kiri bagian atas. Keadaan tersebut disebut juga angina. Dimana nyeri dada muncul akibat kurangnya aliran darah ke otot jantung.

Kondisi ini umumnya menimbulkan sensasi dada seperti diremas, tidak nyaman pada leher dan rahang, serta nyeri dada yang menusuk.

5. Sindrom iritasi usus besar (IBS)

Sindrom iritasi usus besar (IBS) merupakan gangguan pencernaan dengan gejala utama berupa sakit perut, kembung, dan meningkatnya frekuensi buang gas.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah gerak usus berupa sembelit atau diare.

6. Kolitis ulseratif

Kolitis ulseratif merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus besar.

Pasien biasanya mengalami sakit perut sebelah kiri, penurunan berat badan, demam, serta diare yang biasa disertai keluarnya feses berdarah atau berlendir.

7. Penyakit ginjal

Selain terdapat sisteml pencernaan di perut juga terdapat sistem ekskresi. Perlu disadari, rasa sakit pada bagian kanan atau kiri perut bisa berasal dari penyakit batu ginjal.

Gejala gangguan ginjal umumnya meliputi sakit perut, demam, mual, dan nyeri pada pangkal paha dan sering buang air kecil.

8. Divertikulitis

Divertikulitis adalah salah satu lagi penyebab sakit perut sebelah kiri yang paling umum. Kondisi ini dapat terjadi ketika kantong-kantong kecil yang terbentuk pada usus mengalami peradangan.

9. Hernia

Hernia merupakan kondisi ketika usus atau jaringan lunak lain menembus dinding otot perut yang lemah. Tonjolan yang terbentuk dapat menyebabkan nyeri pada perut sebelah kiri, terutama saat batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat.

10. Kista ovarium

Kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang terbentuk pada permukaan atau di dalam ovarium. Kebanyakan orang yang mengidap kista ini tidak mengetahui keberadaannya lantaran tidak menimbulkan gejala. Namun, kista yang pecah bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah.

11. Penyakit refluks asam lambung (GERD)

GERD merupakan kenaikan asam lambung lebih dari dua kali dalam seminggu. Gejala utamanya adalah sakit perut, panas atau nyeri pada ulu hati (heartburn), dan rasa mengganjal pada tenggorokan.

Itulah 11 penyebab sakit perut sebelah kiri. Alangkah baiknya bila okezoners merasakan sakit perut sebelah kiri untuk segera pergi kedokter agar segera ditangani.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini