Share

Dijamin Percaya Diri, 4 Cara Agar Bibir Tidak Hitam

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 05 Februari 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 611 2542770 dijamin-percaya-diri-4-cara-agar-bibir-tidak-hitam-LLXlar6qj1.jpg Ilustrasi Bibir. (Foto: Shutterstock)

CARA agar bibir tidak hitam memang beraneka ragam. Bibir hitam memang menjadi masalah sendiri bagi beberapa orang. Bahkan, tak jarang dari mereka merasa kurang percaya diri.

Perlu diketahui, umumnya penyebab bibir hitam karena pola hidup yang kurang sehat. Untuk mencerahkannya ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, baik secara alami, menjaga pola hidup sehat maupun dengan bantuan produk kecantikan.

Lantas, bagaimana caranya agar bibir tidak hitam? Berikut 4 cara mudah yang bisa okezoners lakukan.

1. Kurangi Konsumsi Kafein

Saat ini, telah banyak minuman bahkan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Harus diperhatikan bahwa terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan yang berkafein dapat menyebabkan warna bibir menggelap. Maka dari itu, mulai sekarang perlu dibatasi konsumsinya.

Untuk itu bisa diganti dengan perbanyak konsumsi air putih. Dengan mengonsumsi air putih yang banyak, kelembaban bibir tetap terjaga sehingga masalah bibir kering dan bibir menghitam bisa diminimalkan.

Bibir

2. Hindari Menggigit Atau Menjilat bibir

Kebiasaan yang tanpa sadar dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan iritasi adalah menggigit dan menjilat bibir. Sehingga dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Jadi, cobalah hentikan kebiasaan ini, jika kamu tidak ingin memiliki bibir hitam.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan buruk lainnya yang harus dihentikan adalah merokok. Selain menyebabkan penyakit organ dalam tubuh, dapat juga memicu munculnya keriput di sekitar bibir dan wajah. Bahkan, dalam jangka panjang dapat membuat bibir menjadi kering dan tampak hitam.

Pasalnya, paparan zat nikotin berlebihan bisa membuat produksi melanin, yakni zat pemberi warna alami kulit, meningkat sehingga membuat warna bibir menjadi gelap.

4. Melindungi Bibir Dari Paparan Sinar Matahari

Tabir surya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi sekaligus mencegah bibir hitam. Sehingga disarankan untuk mengoleskan tabir surya untuk bibir setiap hari ketika beraktivitas di bawah terik matahari, termasuk saat cuaca sedang berawan sekalipun.

Penggunaan tabir surya pada bibir dapat melindungi bibir dari sinar UV yang dapat menggelapkan warna bibir. Tabir surya untuk kulit bisa berupa lip balm yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih.

Itulah 4 cara agar bibir tidak hitam. Jaga selalu pola hidup sehat dan hilangkan kebiasaan buruk agar bibir tidak hitam dan tetap percaya diri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini