Share

5 Cara Agar Bibir Tidak Kering, Dijamin Ampuh

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 05 Februari 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 611 2542787 5-cara-agar-bibir-tidak-kering-dijamin-ampuh-lPSKzLLUyg.jpg Cara Membuat Bibir Tidak Kering. (Foto: Shutterstock)

CARA agar bibir tidak kering memang sering dipertanyakan. Masalah bibir kering bagi beberapa orang membuat rasa tidak nyaman bahkan kurang percaya diri. Tapi tahukah kamu, jika bibir kering dapat menjadi penanda tubuh sedang tidak baik-baik saja, seperti kurang gizi, iritasi dan efek samping obat-obatan.

Secara umum, bibir kering bahkan pecah-pecah disebabkan oleh berbagai hal, bahkan saat udara atau cuaca dingin sekalipun. Cara mengatasinya bisa dengan bantuan bahan alami maupun produk kecantikan.

Berikut okezone.com telah merangkum alodokter, 5 cara mengatasi bibir kering.


1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Banyak orang beranggapan jika terbiasa menjilat bibir untuk membasahi dapat mengatasi bibir kering. Namun, kenyataanya menjilat bibir justru dapat memperburuk kondisi bibir menjadi pecah-pecah. Hal ini lantaran air liur lebih cepat menguap sehingga bisa menyebabkan kondisi bibir lebih kering daripada sebelumnya.

Bibir Kering

2. Gunakan pelindung bibir

Pelembab bibir atau lip balm dapat membantu mencegah kondisi bibir pecah-pecah, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Ada berbagai jenis pelembab bibir alami yang bisa digunakan, seperti madu, minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak zaitun, untuk mengatasi bibir pecah-pecah.


3. Hindari pemicu alergi

Reaksi alergi tubuh terhadap suatu zat dapat mengakibatkan bibir kering. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi. Perlu diketahui, sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, pewarna, kosmetik, atau produk perawatan kulit dengan bahan-bahan tertentu.


4. Cukupi asupan cairan tubuh

Kurangnya cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Maka dari itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Tak hanya mencegah bibir kering, tercukupinya kebutuhan cairan juga dapat menurunkan risiko terkena dehidrasi.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Perhatikan pemakaian obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berupa bibir kering, seperti obat pereda nyeri, antihistamin, dan obat jerawat. Untuk mengetahui secara pasti mengenai efek samping obat-obatan tersebut perlu dilakukan konsultasi kepada dokter.

Meski bibir kering dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi pada beberapa orang, kondisi ini bisa menjadi semakin parah. Jika sudah parah, bibir kering bisa berubah menjadi cheilitis atau peradangan di bagian permukaan bibir. Tanda spesifik dari cheilitis adalah munculnya pecah-pecah di sudut bibir dan bisa disertai infeksi.

Sebab itu, jika okezoners mengalami bibir pecah-pecah yang tak kunjung sembuh dan sulit diatasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini