Share

Cara Mencegah Penyakit TBC: Gejala dan Langkah Pencegahan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 612 2542754 cara-mencegah-penyakit-tbc-gejala-dan-langkah-pencegahan-jtoyYR87uh.jpg Penyakit TBC. (Foto: Shutterstock)

CARA mencegah penyakit TBC: pengertian dan gejalanya akan dijelaskan pada artikel kali ini. Karena, penyakit TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya. Namun, banyak orang yang tidak menyadarinya.

TBC merupakan singkatan dari tuberkulosis, merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri bernama mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menyerang sistem pernafasan masusia yaitu paru-paru dan bukanlah penyakit genetik.

Perlu diwaspadai bahwa penyakit tbc ini dapat dengan mudah menular dan dapat menyerang segala usia. Partikel bakteri dari penyakit ini menyebar melalui udara dari satu orang ke orang yang lain pada saat batuk, bersin, dan berbicara. Menurut laman stoptbindonesia.org, penderita TB paru dengan BTA positif dapat menularkan 10-15 orang pertahun.

Lalu, bagaimana dengan cara mencegah penyakit tb dan bagaimana gejalanya? Okezone.com telah merangkum informasi seputar tbc dari berbagai sumber.

Penyakit TBC

Cara Mencegah Penyakit TBC

Pencegahan penularan penyakit tbc bagi orang yang sehat dapat dilakukan dengan cara yang simpel dan mudah, yaitu menggunakan masker jika berada dikeramaian. Selain itu, anda bisa juga melakukan vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Vaksin ini termasuk kedalam vaksin yang wajib diberikan kepada bayi sebelum usia 2 bulan.

Namun, bagi anda yang sudah tertular tbc. Berikut langkah-langkah pencegahan agar tidak menularkan penyakit ini ke orang lain:

- Tutupi mulut saat bersin, batuk, dan berbicara. Lebih baik menggunakan masker jika berinteraksi dengan orang lain. Jika bersin atau batuk menggunakan tissue untuk menutup mulut, segera buang ke tempat sampah.

- Jangan membuang dahak atau meludah sembarangan.

- Memastikan rumah dan kamar memiiki sirkulasi udara yang baik.

- Memisahkan alat makan yang biasa digunakan dengan alat makan anggota keluarga yang lain.

- Gejala TBC

Perlu diketahui bahwa penyakit tbc memiliki dua jenis yaitu tbc aktif dan tbc laten. Dimana tbc aktif berarti bakterinya sudah menyebar. Orang yang terkena tbc aktif akan merasa sakit dan mengalami gejala sebagai berikut:

- Gejala utamanya adalah batuk secara terus menerus selama lebih dari 2-3 minggu

- Batuk mengeluarkan darah atau berdahak

- Dada terasa sakit

- Berat badan turun dan nafsu makan hilang

- Berkeringat dimalam hari

- Mudah lelah

- Sesak nafas

Sedangkan pada kasus gejala tbc laten, bakteri tbc yang masuk kedalam tubuh sudah tidak aktif sehingga tidak dapat menyebarkan ke orang lain, juga tidak memiliki gejala.

Demikian penjelasan Okezone.com mengenai cara mencegah penyakit tbc dan gejalanya. Semoga membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini