Share

Aplikasi PeduliLindungi Hitam Meski Sudah Sembuh? Ternyata Ini Penyebabnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 612 2542840 aplikasi-pedulilindungi-hitam-meski-sudah-sembuh-ternyata-ini-penyebabnya-IYRmGl8Dxd.jpg Aplikasi Peduli Lindungi. (Foto: Okezone)

APLIKASI PeduliLindungi merupakan salah satu cara untuk melakukan screening. Biasanya, aplikasi ini digunakan sebagai syarat ketika ingin memasuki tempat umum, mendapatkan vaksin hingga status kesembuhan.

Biasanya, mereka yang terpapar Covid-19 akan mendapat status hitam di aplikasi tersebut. Tapi, beberapa orang masih hitam meski sudah sembuh dari Covid-19 dan PCR negatif.

Nah, jika aplikasi PeduliLindungi berwarna hitam, artinya Anda tidak dapat bepergian ke tempat umum. Kenapa begitu? Karena Anda masih diketahui sebagai pasien positif Covid-19 kurang dari 14 hari.

Alasan lain kenapa PeduliLindungi berwarna hitam adalah Anda punya riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 14 hari. Kemudian, tes antigen atau PCR positif kurang dari 2 hari, dan alasan berikutnya adalah baru tiba dari luar negeri.

Nah, menjadi pertanyaan sekarang, mengapa aplikasi PeduliLindungi tetap hitam padahal Anda sudah sembuh dari Covid-19 dan PCR negatif? Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengubah warna status PeduliLindungi?

Kemenkes menyarankan untuk Anda memastikan ulang ke laboratorium atau fasilitas kesehatan tempat Anda melakukan tes Covid-19. Ini penting karena lab atau faskes yang tidak terafiliasi Kemenkes, tidak akan tersambung ke PeduliLindungi.

"Pastikan bahwa laboratorium atau fasilitas kesehatan tempat tes Antigen atau PCR sudah terafiliasi dengan Kemenkes," terang Kemenkes dalam keterangan resmi, dikutip MNC Portal, Sabtu (5/2/2022).

Jika sudah dipastikan lab atau faskes terafiliasi Kemenkes, yang bisa Anda lakukan adalah menunggu H+1 setelah hasil tes keluar untuk status warna ter-update. "Kemudian, apabila setelah H+1 status warna belum berubah juga, Anda bisa menghubungi lab/faskes tempat Anda melakukan tes Covid-19," tambah Kemenkes.

Ada juga mesti paham bahwa status hitam di PeduliLindungi itu berkaitan dengan masa isolasi Anda. Ya, jika Anda positif Covid-19, maka isolasi berlangsung selama 10 hari. Status akan berubah pada H+11 dengan hasil tes negatif atau H+15 tanpa tes sejak terkonfirmasi positif.

Kemudian, jika Anda adalah orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19, maka karantina mandiri dan tes antigen atau PCR pada hari ke-1 dan ke-5. Status secara otomatis akan berubah pada H+6 dengan hasil tes negatif atau H+15 tanpa tes.

Bila Anda baru saja tiba dari luar negeri, maka karantina sesuai peraturan yang berlaku serta melakukan tes PCR pada saat kedatangan dan hari ke-4 karantina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini