Share

5 Penyebab Payudara Kencang dan Terasa Nyeri, Jangan Langsung Panik!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 481 2543230 5-penyebab-payudara-kencang-dan-terasa-nyeri-jangan-langsung-panik-vCu9xUXQW5.jpg Payudara kencang dan terasa nyeri (Foto: Shutterstock)

PAYUDARA terasa nyeri, sakit, bengkak, dan kencang mungkin pernah dialami setiap perempuan. Hal ini tentunya mengganggu dan membuat bertanya-tanya tentang apa sih penyebab payudara terasa nyeri dan kencang?

Sebenarnya, nyeri pada payudara sangat umum. Tetapi tentu hal ini bisa membuat Anda merasa khawatir. Meski sangat umum, penting juga untuk melacak penyebabnya.

Nah, kami akan membahas beberapa penyebab payudara terasa nyeri dan kencang. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya, seperti dirangkum pada Senin (7/2/2022).

Bra yang tidak tepat

Kesalahan Pakai Bra

Penggunaan bra yang tidak tepat dapat mendatangkan masalah bagi payudara Anda. Ini juga bisa menjadi penyebab payudara terasa nyeri dan kencang. Sebaiknya, gunakanlah bra yang nyaman dan sesuai ukuran payudara Anda demi mencegah masalah tersebut.

BACA JUGA : Kenapa Ukuran dan Bentuk Dada Perempuan Bisa Berubah saat Dewasa?

Siklus menstruasi

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang bisa jadi karena siklus menstruasi Anda. Terlebih, bila gejala yang Anda rasakan seperti payudara terasa perih dan berat, bengkak atau terasa kencang, dan rasa nyerinya menyebar hingga ke area ketiak. Payudara yang terasa nyeri biasanya terjadi di masa subur Anda atau mendekati masa menstruasi.

BACA JUGA : 6 Kesalahan Umum yang Ganggu Kesehatan Payudara

Hormon

Sebagian besar nyeri payudara tampaknya berhubungan dengan kadar dua hormon yakni estrogen dan progesteron. Tidak hanya saat menjelang menstruasi, nyeri payudara bisa terjadi di trimester pertama kehamilan, ketika menyusui, hingga menopause.

Perubahan fibrokistik pada payudara

Payudara Kencang

Penyebab lainnya yakni adanya perubahan fibrokistik pasa payudara. Ini kemungkinan terkait dengan hormon juga. Yaitu kondisi di mana fibrosa dan kista terbentuk di payudara Anda. Ini bisa menyakitkan, tetapi itu normal dan biasanya tidak berbahaya. Sekitar setengah dari perempuan berusia 20 hingga 50-an memilikinya. Anda tidak memerlukan pengobatan kecuali jika Anda mengalami gejala yang parah.

Cedera atau trauma

Trauma di area payudara Anda, misalnya karena menjalani operasi atau memasang implan, dapat menyebabkan nyeri pada payudara. Hal ini disebabkan karena terkadang cedera dapat menyebabkan pembuluh darah payudara membengkak dan gumpalan darah terbentuk. Inilah yang menjadi penyebab payudara terasa nyeri dan kencang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini