Share

Tips Pakai Pelembap Kulit yang Benar untuk Hijabers

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 611 2542947 tips-pakai-pelembap-kulit-yang-benar-untuk-hijabers-8BtTDEJL4R.jpg Tips cara pakai pelembap yang benar (Foto: Shutterstock)

PELEMBAP menjadi salah satu komponen paling penting dalam perawatan kulit, terutama untuk para hijabers. Pakaian yang tertutup dan berlapis membuat kulit para hijabers menjadi lebih mudah kering setiap harinya.

Para wanita tentunya sudah cukup paham arti pentingnya pelembap bagi kecantikan dan kesehatan kulit, namun masih banyak yang belum paham cara pengaplikasian pelembap yang tepat. Lantas bagaimana caranya?

Tips Pakai Pelembap

Dokter spesialis dermatovenerologi Ika Anggraini menjelaskan, pemakaian pelembab sebaiknya dilakukan setiap hari setiap selesai mandi. Pasalnya, seusai mandi pelembap akan bekerja lebih efektif untuk menahan air di dalam kulit.

"Wajib pakai pelembap setelah kita mandi dan sebaiknya langsung ya. Setelah kita handukan itu masih ada air kan yang tersisa di kulit kita. Jadi kita bisa men-trap, menahan air tetap berada di dalam kulit kita," kata dr. Ika Anggraini, Sp. DV dalam Virtual Press Conference NIVEA Hijab Series: Cermat Memilih Skincare Tubuh yang Tepat untuk Hijabers agar Semakin #YakinMelangkah Menyinari Dunia, Sabtu (5/2/2022).

BACA JUGA : Cara Memilih Pelembap yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Idealnya, pelembap dioleskan minimal dua kali sehari, yakni setelah mandi pagi dan pasca mandi sore atau malam. Pemakaian pelembap ini sangat wajib dilakukan, terutama untuk para wanita yang sering memakai air hangat ketika mandi.

BACA JUGA : Penting Gunakan Pelembap Kulit Usai Cuci Tangan, Ini Alasannya

Dikatakan, temperatur yang berbeda dengan kulit akan menimbulkan transepidermal water loss, di mana proses penguapan kulit akan meningkat. Hal ini membuat kulit cenderung lebih kering sepanjang hari.

"Kalau kita mandi pakai air hangat itu kan temperaturnya tidak sesuai dengan temperatur kulit kita ya. Jadi proses penguapan air dari kulit kita akan meningkat, jadi akan lebih kering," ujar dr. Ika Anggraini, Sp. DV.

Menjaga kelembapan kulit memang penting dilakukan. Pasalnya, kesehatan kulit juga berpengaruh dengan penyakit lainnya, misalnya saja gatal yang menimbulkan kemerahan, ini bisa menyebabkan demam dalam beberapa kasus.

Dokter Ika mengimbau para wanita, khususnya hijabers untuk menggunakan pelembap sesuai jenis dan keperluan kulit. Apalagi para Muslimah sering berwudhu ketika hendak beribadah.

Semakin sering membasuh kulit dengan air, maka semakin tinggi pula potensi mengalami kulit kering dan kusam jika tanpa memakai pelembap. Oleh karenanya memakai pelembab sangat penting guna menjaga kesehatan kulit agar tetap segar dan cerah sepanjang hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini