Share

Cara Menghindari Toxic Productivity

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 612 2543692 cara-menghindar-toxic-productivity-Km0Vg865Sh.jpg Cara menghindari toxic productivity (Foto: MNC Media)

PRODUKTIF seakan menjadi syarat untuk bisa meraih kehidupan yang sukses dan bermanfaat. Seringkali kita berpikir waktu luang harus selalu diisi dengan kegiatan produktif, apalagi saat waktunya bekerja. Tapi hati-hati jangan sampai Anda terjebak dalam toxic productivity.

Toxic productivity merujuk pada pribadi yang terlalu banyak bekerja hingga melupakan istirahat. Toxic productivity juga dapat bermakna “overworking” atau “workaholic.”

Toxic

“Toxic productivity itu memunculkan rasa bersalah kalau tidak mengerjakan sesuatu. Ujung-ujungnya, mengalami burnout yang membahayakan kesehatan, dan itu harus dihindari,” ujar Graheta Rara Purwasono, M.Psi, psikolog.

Dikutip dari gensindo.sindonews.com ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mengalami toxic productivity. Hal ini antara lain sulit beristirahat, lupa melakukan kegiatan-kegiatan esensial seperti mandi, sulit merasa puas, dan kesal melihat orang lain bersenang-senang atau melakukan sesuatu yang dianggap tidak produktif.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara untuk mengatasi toxic productivity. Berikut ini adalah beberapa di antaranya..

Yuk, baca selengkapnya disini https://www.buddyku.com/article/cara-menghindari-toxic-productivity-ncms4K

Mau dapetin informasi yang lebih banyak lagi? Download BuddyKu untuk tahu informasi lebih lanjut terkait topik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hanya di BuddyKu tempat berbagi info untukmu! klik link berikut https://linktr.ee/buddykuofficial

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini