Share

Mau Kulit Glowing dan Sehat? Ikuti Cara Rawat Skin Barrier Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 08 Februari 2022 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 611 2544258 mau-kulit-glowing-dan-sehat-ikuti-cara-rawat-skin-barrier-ini-u9R9qnYM1i.jpg Rawat skin barrier kunci kulit glowing (Foto Ilustrasi: Sheknows)

SETIAP orang menginginkan kulit glowing dan terlihat sehat. Tentu, untuk mendapatkannya, membutuhkan perawatan kulit, terutama menjaga skin barrier agar tetap sehat dan tidak rusak.

Apa itu skin barrier? Skin barrier atau sawar kulit merupakan lapisan terluar dari kulit yang berfungsi sebagai pelindung. “Skin barrier adalah lapisan kulit yang paling atas dan terluar. Oleh karenanya sangat penting untuk dirawat,” kata Dermatologist sekaligus Skin Expert dr Kardiana Dewi SpKK dalam acara Virtual Marina Expert White and Glow Press Launch, Selasa (8/2/2022).

Perawatan Kulit

Dia menjelaskan, ciri-ciri skin barrier yang sehat adalah terasa halus, tidak mudah muncul kemerahan, dan tidak mudah mengalami radang pada kulit. “Misalnya, kulit habis dibersihkan atau kena sesuatu, itu mudah muncul kemerahan. Kemudian bila ada lecet, sisik halus, lebih gampang iritasi dan menjadi sensitif,” ujarnya.

BACA JUGA : Selain Skincare, Konsumsi 5 Makanan Ini Bikin Kulit Glowing Lho!

Jika mengalami kondisi-kondisi kulit tersebut, sebenarnya tak perlu khawatir. Sebab, kulit akan melakukan regenerasi selama 21-28 hari, di mana sel-sel kulit baru akan menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati.

BACA JUGA : Mau Punya Kulit Glowing, Salah Satunya Pakai Santan Lho!

Walaupun demikian, merawat skin barrier tetaplah penting. Caranya pun mudah yaitu dengan melakukan serangkaian rutinitas perawatan kulit.

“Bersihkan wajah dengan air dan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita. Selain itu gunakan juga pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit. Terakhir, jangan lupa mengaplikasikan sunscreen,” jelas dr Kardiana Dewi.

Selain itu, hindari pula kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan skin barrier menjadi rusak. Misalnya, sering menggunakan scrub saat membersihkan wajah, membersihkan wajah terlalu kesat, dan eksfoliasi yang berlebihan.

“Cara itu bisa menipiskan lapisan lemak pada kulit yang harusnya masih ada dan bisa membantu menjaga kelembaban kulit,” kata dia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini