Share

Tak Perlu Risau, 4 Cara Alami Obati Sakit Mata Pada Anak

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 09 Februari 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 612 2544695 tak-perlu-risau-4-cara-alami-obati-sakit-mata-pada-anak-pGFM0jJHUP.jpg Sakit Mata pada Anak. (Foto: Shutterstock

CARA mengobati sakit mata pada anak secara alami umumnya dilakukan oleh para orang tua. Sakit mata memang tidak hanya menyerang pada orang dewasa, anak-anak pun umum merasakan. Bahkan, sakit mata lebih banyak dirasakan oleh anak-anak.

Biasanya, sakit mata anak yang terjadi pada anak disebabkan oleh infeksi bakteri. Tak perlu khawatir, sakit mata karena bakteri tidak parah namun jika tidak segera ditangani dapat membahayakan.

Adanya gejala sakit mata pada anak umumnya bisa dilihat dari kelopak mata yang tampak bengkak. Lalu, disusul dengan area sklera atau bagian berwarna putih berwarna merah dan adanya kotoran mata yang banyak.

Jika anak sedang sakit mata, biasanya para orang tua mengobati secara alami terlebih dahulu. Bila tak kunjung sembuh baru dilarikan ke rumah sakit.

Sakit Mata

Namun, kenyataannya banyak anak yang bisa sembuh hanya menggunakan obat alami. Lantas apa saja obat sakit mata secara alami untuk anak-anak? Berikut, 4 obat alami yang telah dirangkum Okezone.com dari berbagai sumber.

Air Garam

Selain sebagai bahan untuk oralit, larutan garam juga dapat digunakan untuk mengobati sakit mata. Bahan alami ini memiliki banyak kandungan yang berperan sebagai antibiotik. Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah.

Pertama, larutkan sesendok garam ke beberapa gelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan yang sudah jadi untuk membersihkan kotoran yang dikeluarkan mata anak. Kamu bisa menggunakan kapas yang telah dicelupkan dalam larutan garam untuk membersihkan mata anak.

Air Susu Ibu

Air susu ibu atau ASI juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati mata anak yang sakit. ASI berguna untuk meredakan iritasi yang terjadi akibat infeksi mata. Hanya perlu mengusapkan kapas yang telah dicelupkan dalam ASI pada mata anak. Meski demikian, kamu tetap harus berkonsultasi pada dokter agar infeksi yang dialami bayi tak semakin parah.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Kantong Teh

Tak banyak orang tau, teh juga dapat mengobati sakit mata. Hal itu lantaran adanya kandungan antimikroba dan antioksidan. Caranya, merendam kantong teh pada air hangat selama beberapa saat lalu diamkan hingga sedikit dingin. Setelah itu, letakkan kantong teh pada mata anak.

Minyak Kamomil

Bahan alami lain yang mengandung banyak antiinflamasi ini dapat membantu mengobati sakit mata. Namun, minyak kamomil cukup berbahaya jika digunakan secara langsung pada kulit anak terutama bagi bayi.

Kamu bisa menggunakan minyak kamomil dengan memasukkannya dalam humidifier.Uap yang berasal dari humidifier akan meredakan iritasi yang disebabkan oleh infeksi.

Demikian cara mengobati sakit mata dengan bahan alami, mudah bukan? Perlu diingat untuk takaran aman konsultasikan dengan dokter mata. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini