Share

4 Tips Memilih Kacamata Minus, Jangan Asal Pilih Ya!

Intan Afika, Okezone · Kamis 10 Februari 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 612 2544905 4-tips-memilih-kacamata-minus-jangan-asal-pilih-ya-DuRrD99euY.jpg Tips Memilih Kacamata. (Foto: Shutterstock)

MEMILIH kacamata minus memang perlu diperhatikan bagi penderita rabun jauh atau miopi. Tak hanya sekadar gaya saat memakai frame favorit, tetapi juga harus memperhatikan pemilihan lensa kacamata sebagai kunci utama pengelihatan Anda.

Memang, kacamata minus sudah memiliki beragam variasi bentuk frame yang apik dan trendy sudah tersedia di berbagai optik. Kendati demikian, tidak semua bentuk kacamata cocok dengan wajah Anda. Lantas bagaimana langkah yang tepat?

1. Lakukan pemeriksaan mata

Tips memilih kacamata minus yang pertama adalah melakukan pemeriksaan mata. Dijelaskan oleh Dokter Spesialis Mata di Mandaya Hospital Karawang dan RSU Hermina Karawang, dr. Andreas Surya Anugrah, SpM, pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan kondisi mata pasien dan mencocokkannya dengan lensa kacamata. Dikatakan, penggunaan lensa kacamata minus ini benar-benar harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan.

"Periksakan dulu, dipastikan dulu ke ahlinya. Sekarang itu ada dokter spesialis mata, bisa juga ke optik nanti di sana ketemu refraksionis atau optisien," ujar dr. Andreas Surya Anugrah, SpM ketika dihubungi oleh MNC Portal Indonesia.

Bukan tanpa alasan, penggunaan lensa kacamata minus yang tidak sesuai dapat memberi dampak buruk pada kesehatan mata. Beberapa gejala yang muncul, seperti nyeri di bagian mata, sakit kepala, bahkan hingga menimbulkan rasa mual. Selain itu, Anda juga rentan terhadap risiko gangguan mata lainnya, seperti glaukoma, katarak, dan makulopati miopia.

Dampak ini memang tak dirasakan secara langsung, tetapi sangat berpengaruh dalam jangka panjang. "Nanti ada efeknya mungkin nggak langsung dirasakan tapi jangka panjang akan ada keluhan-keluhan, nah ini tidak baik," ucap dr. Andreas.

Kacamata Minus

(Kacamata Minus/Freepik)

2. Percayakan bentuk bingkai kacamata kepada ahli

Tips memilih kacamata minus yang kedua adalah menggunakan frame atau bingkai kacamata yang tepat. Tak hanya sekadar memilih frame dengan gaya kekinian, Anda juga harus mengutamakan kenyamanan serta kestabilan saat memilih bingkai kacamata minus. dr Andres menyarankan, sebaiknya pemilihan bingkai kacamata ini sesuai dari rekomendasi sang ahli.

Pasalnya, lensa kacamata minus harus selalu berada tepat di depan mata, tidak boleh bergeser sedikit pun. Selain untuk kenyamanan, ini juga dilakukan agar fungsi kacamata minus itu sendiri bekerja secara efektif. Di samping itu, jarak lensa dengan mata, bingkai kacamata dengan tinggi hidung hingga tulang pipi pun nantinya juga turut diperhitungkan oleh sang ahli pembuat kacamata. Meski terlihat sepele, namun hal ini juga harus diperhatikan, lho.

"Lensa kiri kanan itu sebaiknya pas di depan dari mata kita. Kalau geser sedikit saja akan menimbulkan masalah. Nanti mempengaruhi juga ke gagangnya ke telinganya. Perubahan jarak sedikit aja itu mengganggu. Kemudian, tulang pipinya, tinggi hidungnya, semua akan diperhatikan oleh optik," kata dr. Andreas.

3. Lensa optik jangan terlalu kecil

Tips memilih kacamata minus yang ketiga adalah memakai lensa optik yang tidak terlalu kecil. Sebaiknya, pilih lensa kacamata yang sedikit lebar atau sesuai standar agar tetap nyaman saat dipakai. Pasalnya, lensa yang terlalu kecil tidak bisa berfungsi secara efektif. Ditambah lagi lensa tersebut adalah kunci utama penglihatan. Oleh karenanya, dr Andreas menyarankan agar menggunakan lensa yang sesuai standar.

"Lensa optiknya itu sebaiknya jangan terlalu pelit ya, jangan terlalu kecil. Jadi, agak lebar dikit lah karena kita melihatnya dari situ. Kalau nanti terlalu kecil dia seperti keluar dari kaca itu cepat, lompatannya beda," tutur dr. Andreas.

4. Pilih bahan yang sesuai dengan kulit

Tips memilih kacamata minus terakhir adalah menggunakan bahan kacamata yang sesuai dengan kulit. Ada beberapa jenis material yang digunakan untuk lensa kacamata, di antaranya polikarbonat, trivex, high index, plastik, dan lainnya. Sebagian orang mungkin mengalami alergi jika memakai material tertentu. Oleh karena itu, demi kenyamanan setiap saat, gunakanlah bahan yang cocok untuk kulit Anda.

"Pilihlah bahan sesuai preferensi yang baik demi kenyamanan. Misalnya ada orang yang kulitnya alergian, maka pilihlah bahan yang nggak bikin alergi misalnya bukan logam," terang dr. Andreas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini