Share

7 Kuliner Khas Mandalika, Marc Marquez Cs Wajib Coba Nih!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 298 2545347 7-kuliner-khas-mandalika-marc-marquez-cs-wajib-coba-nih-gonICIyUVN.jpg Kuliner Khas Mandalika (Foto: @bebalung_lombok/Instagram)

MENTERI BUMN Erick Thohir memberikan sambutan kepada para pembalap MotoGP lewat unggahannya di Instagram. Dia senang Marc Marquez Cs bisa menikmati keindahan Indonesia di Lombok.

"Senang para pembalap MotoGP internasional bisa ikut menikmati keindahan Indonesia. Enjoy Indonesia @marcmarquez93 @alexmarquez73 @aleixespargaro @alexrins and friends! 🇮🇩," tulis Erick Thohir.

Menariknya, akun Instagram resmi Kementerian BUMN membalas cuitan Erick Thohir. @kementerianbumn merekomendasikan salah satu kuliner khas Mandalika yang patut dicoba Marc Marquez dkk.

"@marcmarquez93 @alexmarquez73 @aleixespargaro @alexrins Wajib coba Sate bulayak khas Mandalika nih 😍," tulis @kementerianbumn.

Tak hanya sate bulayak sebenarnya, ada beberapa kuliner khas Mandalika yang bisa dicicipi Marc Marquez Cs selama di sana. Berikut kuliner khas Mandalika yang dirangkum Okezone, Kamis (10/2/2022).

Sate Bulayak

Sate Bulayak

(Foto: Lombokbaratkab.go.id)

Dikutip dari lombokbaratkab.go.id, hal yang membuat sate bulayak berbeda dengan sate lainnya karena kekhasan bumbunya yang menggoda dan mengeluarkan bau sedap. Sate berbahan daging atau jeroan sapi itu dilumuri dengan bumbu khas Lombok. Pada saat makan sate khas ini biasanya diikuti oleh makanan khas lainnya menyerupai lontong yang agak bulat memanjang dikuliti daun kelapa agtau daun enau (nira) muda menjadikan rasanyapun semakin nikmat.

Lontong dimaksud oleh masyarakat Sasak dinamakan Bulayak. Jadi, bulayak sebenarnya sejenis lontong dari bahan beras yang dibungkus dengan daun enau muda dan berbentuk seperti lontong, tapi agak lebih panjang. Sementara bahan baku sate bulayak selain daging juga bisa jeroan sapi.

BACA JUGA : Direkomendasiin Kementeriannya Erick Thohir, Marc Marquez Cs Wajib Coba Sate Bulayak!

Sate Rembiga

Sate Rembiga

Tak hanya sate bulayak, ada juga sate rembiga. Mandalika memang dijuluki sebagai Bumi Sejuta Sapi. Maka dari itu tidak heran makanan khas Mandalika ini tak jauh dari bahan dasar daging sapi.

Sate Rembiga dengan berbahan dasar sapi ini disajikan tanpa bumbu kacang. Dinamakan rembiga karena berasal dari nama sebuah Desa Rembiga yang berada di dekat bekas Bandara Selaparang.

Bahan utama dalam pembuatan sate rembiga ini yaitu cabe rawit, bawang putih, garam, gula dan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Sebelum dimasak, daging yang telah dipotong direndam dengan bumbu hingga tiga jam supaya meresap.

BACA JUGA : Aleix Espargaro dan Marc Marquez Terpesona Mandalika, Erick Tohir: Surganya Pembalap Dunia

Soto Mandalika

Soto Mandalika

Salah satu kuliner khas Indonesia ini disajikan dengan berbagai bumbu khas Mandalika. Berbahan utama ketupat, taoge, bihun, telur, daun bawang, kacang, dan kuah soto.

Tak hanya itu, yang unik dari soto Mandalika ini memenuhi 5 unsur utama pemenuh rasa yakni asin, manis, pedas, asam, dan panas. Aroma bawang panggang yang ditaburi diatas kuah soto dan beberapa tusuk sate siap untuk menggugah selera makan.

BACA JUGA : Soto Mandalika, Rasa Tak Pernah Dusta

Beberuk Terong

Beberuk Terok

(Foto: Cookpad)

Makanan yang sering disebut gado-gado khas Lombok ini sering dijumpai Ketika dinikmati bersama ayam taliwang. Bahan utama makanan ini adalah terong ungu yang dipotong-potong lalu dicampur dengan tomat, kacang panjang yang dipotong-potong, timun, sambal serta beberapa bumbu rempah lainnya. Setelah semua bahan tercampur, tahap terakhir untuk menambah kesegaran beberuk terong ini adalah cucuran jeruk limau. Rasanya memang seperti gado-gado. Pedas, manis, asam dan sangat segar untuk dinikmati kapanpun.

Ares

Kuliner Khas Mandalika

(Foto: @bebalung_lombok/Instagram)

Makanan khas satu ini berbahan utama pelepah pisang. Pelepah pisang yang masih muda ini diolah menjadi makanan yang enak. Selain pedas, makanan ini mempunyai perpaduan antara manis dan gurih karena menggunakan santan. Jika biasanya makanan ini hanya ditemukan di acara-acara pernikahan Suku Sasak asli, sekarang makanan ini dapat ditemui di tempat makan kuliner khas Mandalika.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Nah yang satu ini mungkin sudah cukup populer, ayam taliwang. Kuliner ini berbahan dasar ayam kampung yang berumur sekira 3 sampai 4 bulan. Hal ini juga yang membuat ayam akan terasa lebih manis dan dagingnya pun terasa lebih empuk.

Ayam Taliwang dapat disajikan dengan cara digoreng atau dibakar sesuai keinginan dengan kayu Nangka atau kayu kopi. Kayu jenis ini memberikan aroma lebih enak dan nyala api yang lebih lama.

Sajian ayam taliwang ini lebih lengkap jika disajikan dengan plencing kangkung khas Mandalika. Kangkung khas Mandalika memiliki batang dan ranting panjang besar dengan daun yang lebih hijau dan lebar.

Ayam Rarang

Ayam rangrang

(Foto: @jajelombok/Instagram)

Ayam Rarang cocok banget untuk yang suka makanan pedas. Berbahan utama ayam dengan sajian bumbu balado dan cabai rawit merah yang meresap, hingga ke bagian dalam ayamnya cukup menggugah selera bagi yang menyantapnya. Rasa pedas yang cukup nendang dan bumbu balado khas, seakan membuat orang enggak bisa move on nih dari makanan khas yang satu ini. Apalagi makanan ayam rarang ini disajikan dengan cah kangkung yang menyegarkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini