Share

Napak Tilas Bubur Pedas Khas Kalimantan, Makanan yang Dulunya untuk Raja

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Februari 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 298 2545966 napak-tilas-bubur-pedas-khas-kalimantan-makanan-yang-dulunya-untuk-raja-y7B90kTVH1.jpg Bubur Pedas. (Foto: Highend)

BUBUR memang menjadi salah satu makanan yang kerap menggambarkan budaya sebuah daerah. Bubur pun ada berbagai macam, seperti bubur kampiun, bubur Manado hingga bubur Ase.

Nah, jika Anda penggemar makanan pedas, maka bubur pedas khas kalimantan merupakan salah satu makanan khas yang unik yang wajib dicoba.

Awal mula terciptanya bubur pedas atau bubur sambas ini bermula pada zaman kerajaan. Dulunya makanan ini disajikan untuk raja. Namun, di tengah krisis akan bahan bahan makanan membuat bubur ini tercipta menjadi hidangan utama.

Karena penyajiannya yang unik membuat makanan ini menjadi salah satu makanan legendaris di Kalimantan Barat. Campuran antara beras dengan sayur mayur yang masih membuat orang-orang bingung terhadap istilah namanya.

Bubur

Makanan yang berasal dari sarawak ini memiliki rasa pedas yang didapat dari daun kesum. Walaupun sebagian orang merasa bahwa daun kesum tidak memberi pengaruh pedas terhadap bubur khas Kalimantan Barat ini.

Bubur pedas juga disantap sebagai makanan untuk berhemat karena bahan bahannya mudah ditemui dan murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat semangkuk bubur ini terdiri dari beras, sayuran seperti ubi, daun kesum dan jagung.

Walaupun bahan yang hampir serupa dengan bubur manado. Namun, ada ciri khas yang membedakan antara kedua makanan tersebut. Perbedaanya adalah pada proses sangrai beras yang dapat membuat rasa makanan semakin enak dan halus. Sedangkan bubur manado menggunakan beras biasa untuk diolah.

Rasanya yang gurih membuat makanan khas sambas ini menjadi kuliner unik yang wajib dinikmati ketika mengunjungi Kalimantan Barat. Tentunya makanan ini sudah mudah ditemui di restaurant khas Kalimantan Barat di sekitar Anda.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini