Share

Cek Fakta: Jus Daun Pepaya dan Jahe Ampuh Sembuhkan Omicron

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Februari 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 612 2545831 cek-fakta-jus-daun-pepaya-dan-jahe-ampuh-sembuhkan-omicron-kQQQuIgagY.jpg Ilustrasi Varian Omicron. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang memiliki banyak obat alami dan jamu yang digunakan sebagai obat. Bahkan, dahulu sempat populer minuman untuk menambah imunitas dalam melawan Covid-19.

Meski demikian, tidak ada ramuan yang mampu menyembuhkan atau membunuh virus Covid-19. Kebanyakan obat yang digunakan hanya bersifat meringankan gejala dan penyakit penyerta.

Tapi, beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa racikan jus daun pepaya dan jahe, diklaim dapat menyembuhkan Covid-19 varian Omicron. Informasi yang juga beredar melalui pesan berantai di WhatsApp itu tampak dibagikan luas pada pekan kedua Februari 2022.

Narasi yang awalnya berasal dari Facebook tersebut menerangkan campuran daun pepaya, jahe, dan madu efektif menyembuhkan gejala batuk, pilek, dan anosmia atau hilangnya fungsi penciuman.

Dengan begitu, orang dengan tiga gejala mirip Covid-19 itu tidak perlu berobat ke dokter.

Berikut potongan narasi yang beredar di Facebook:

"Obat Omicron :

Ayoooo

disebar-luaskan ke temen2 & saudara2 semua, kalau ada yang batuk2, pilek, anosmia (tidak ada rasa penciuman) tidak usah dibawa ke dokter...

Ambilkan daun Pepaya yang tua + Jahe 2 potong (secukupnya), dicuci bersih dengan air masak (karena akan dikonsumsi langsung),

lalu diblender dengan air masak dan disaring,

kemudian diperas kira2 menjadi setengah gelas...

Kalau ada dikasih madu 1 atau 2 sendok makan, kalau terasa pahit bisa tambah 3 sendok madu,

lebih baik lagi diperasin jeruk nipis...

Obatnya itu saja,

obat kampung mudah saja toh buatnya...

Sudah terbukti banyak yang sembuh... ".

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Lantas, benarkah jus daun pepaya dan jahe sembuhkan Omicron?

Penjelasan:

Guru Besar Farmasi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Zullies Ikawati menjelaskan daun pepaya dan jahe memiliki fungsi nutrisi yang baik.

Kendati demikian, kandungan nutrisi pada daun pepaya dan jahe tidak secara khusus dapat memulihkan pasien Omicron, sebagaimana dilansir dari laporan Kominfo.

Campuran daun pepaya dan jahe juga belum bisa dibuktikan keampuhannya menyembuhkan Covid-19 varian Omicron.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini