Share

Langkah Indonesia Wujudkan Misi Jadi Lumbung Pangan Dunia di 2045

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 612 2546027 langkah-indonesia-wujudkan-misi-jadi-lumbung-pangan-dunia-di-2045-FMOSeuEGQO.jpg Petani di sawah persiapkan padi untuk lumbung pangan. (Foto: Koran Sindo)

INDONESIA kaya akan sumber daya alam yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Menteri Bappenas Indonesia Suharso Manoarfa mengungkapkan, ketersediaan pangan Indonesia harus dijaga sampai masa mendatang.

Menteri Suharso mengatakan bahwa saat ini kondisi ketersediaan pangan disebut lebih kecil daripada kebutuhannya. Menurutnya, dampaknya sangat buruk bila tak distabilkan.

ย BACA JUGA:Pandemi Buat Makanan Sehat Semakin Digemari Anak Milenial

โ€œKita tahu bahwa ketersedian pangan yang lebih kecil dibandingkan tingkat kebutuhannya akan memunculkan ketidakstabilan ekonomi, gejolak sosial, dan politik yang mengangu stabilitas nasional,โ€ jelas Menteri Suharso dalam keterangan.

suharso

Banyak pihak perlu terlibat di sini, salah satunya mendirikan Institute of Innovative Farming Systems atau IIFS. Ini juga menjadi tanda wujud komitmen Central Queensland University โ€“ Australia (CQU-Australia) berkontribusi dalam implementasi target pembangunan nasional Indonesia dalam hal ketersediaan pangan.

Nantinya akan ada beasiswa S3 atau PhD dari CQU-Australia untuk WNI yang terlibat dalam riset dan penelitian di IIFS. Selain itu, dipersiapkan pula tenaga ahli dengan pengalaman riset kelas dunia dan berbagai jenis teknologi mutakhir untuk digunakan dalam kegiatan litbang.

Dijelaskan Rektor CQU Australia Professor Nick Klomp, kegiatan ini menjadi awal dari perkembangan dan perbaikan kualitas produksi peternakan dan pertanian di Indonesia, khususnya di kawasan Indonesia Timur. Diharapkan program pemerintah bisa terealisasi, yakni Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

โ€œKami mengahargai nilai-nilai kerja sama yang dilakukan yang berguna untuk kemajuan pendidkan, perkembangan masyrakat Indonesia atau Australia,โ€ jelas

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini