Share

Rasakan Sensasinya, 11 Masker Alami yang Ampuh Atasi Masalah Wajah

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 611 2546252 rasakan-sensasinya-11-masker-alami-yang-ampuh-atasi-masalah-wajah-2U7YzYuIoj.jpg Masker alami yang ampuh atasi masalah wajah (Foto: Stylepresso)

JAKARTA - Masker wajah alami memang menjadi salah satu pilihan dalam mengatasi dan merawat kulit wajah. Kulit wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang kerap menjadi perhatian.

Tidak salah jika ada sebagian orang terutama para perempuan jika mengalami masalah wajah merasa kurang percaya diri.

Saat ini, telah banyak produk masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti buah dan bahan alami lainnya. Bahkan jika ingin, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Diolah dari berbagai sumber, lantas, bahan alami apa saja yang dapat digunakan sebagai masker wajah? Untuk itu, simak ulasan yang telah Okezone rangkum berikut ini.

1. Madu

Mdu menjadi salah satu bahan yang umum digunakan dalam perawatan wajah. Umumnya, jenis madu yang digunakan sebagai masker adalah manuka lantaran mampu mencerahkan wajah

Madu mengandung bahan aktif yang dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit sehingga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Cara membuatnya, yakni campurkan madu dengan beberapa tetes air untuk diencerkan agar teksturnya tidak lengket di wajah dan lebih mudah untuk dibersihkan.

Jika sudah, oleskan masker alami wajah dari madu ini pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

2. Kunyit

Rimpang satu ini selain digunakan sebagai jamu juga digunakan sebagai masker alami pencerah wajah.

Manfaat kunyit untuk wajah tak terlepas dari kandungan zat kurkumin yang terdapat di dalamnya. Kurkumin dapat menghambat produksi hormon melanin, yakni pigmen pemberi warna kulit, sehingga membuat warna kulit lebih merata.

- Cara membuat masker wajah alami dari kunyit adalah sebagai berikut:

- Campurkan bubuk kunyit atau parutan kunyit secukupnya dengan beberapa sendok teh yogurt tanpa rasa dalam mangkuk.

- Aduk merata sampai teksturnya menjadi masker pasta yang kental.

- Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan, secara merata.

- Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Lemon

Sifat asam pada lemon berperan mencerahkan kulit secara alami. Maka dari itu, lemon biasa digunakan untuk masker wajah.

Selain itu, kadar vitamin C yang tinggi untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan begitu kulitmu bisa tampak lebih cerah.

Tak hanya itu, manfaat lemon untuk wajah merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Umumnya dalam membuat masker wajah, lemon dicampurkan dengan putih telur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Siapkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 butir putih telur.

- Dalam sebuah mangkuk, campurkan kedua bahan yang sudah disiapkan.

- Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan.

- Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air.

4. Timun

Timun mampu mengikat kolagen sehingga memastikan kulit tampak kencang dan kenyal. Maka tak heran banyak produk kecantikan menggunakan bahan timun, salah satunya masker wajah.

Selain itu, kandungan sumber antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C, pada timun mampu menghidrasi kulit serta mengurangi iritasi dan peradangan kulit.

Timun juga mampu menenangkan kulit sehingga cocok digunakan oleh seluruh jenis kulit wajah. tak Hanya itu, timun juga mampu mencegah munculnya jerawat, komedo, kerutan, dan kulit kering.

5. Lidah buaya

Tanaman yang kerap dijumpai di pekarangan rumah ini biasa digunakan sebagai masker alami. Memiliki kandungan dengan efek yang menenangkan di kulit membuat lidah buaya sebagai pilihan yang tepat untuk merawat kulit.

Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta membantu mengobati masalah hiperpigmentasi kulit.

Cara menggunakan masker dari lidah buaya cukup mudah dengan oleskan gel lidah buaya secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

6. Pepaya

Buah yang kerap dijadikan masker wajah adalah pepaya. Kandungan vitamin A dan C yang mampu membuat wajah lebih cerah.

Cara membuat masker alami untuk wajah dari buah pepaya, yakni sebagai berikut:

- Haluskan ΒΌ buah pepaya dan 1 buah pisang.

- Tambahkan madu ke dalam halusan buah pepaya dan pisang.

- Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental.

- Oleskan pada permukaan wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit.

- Bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

7. Oatmeal

Produk yang umum digunakan sebagai pengganti nasi saat diet ini ternyata juga umum dimanfaatkan dalam merawat kulit. Masker oatmeal dapat mencerahkan wajah dengan cara mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih cerah dan tampak halus.

Cara membuat masker untuk memutihkan wajah secara alami dari oatmeal, yaitu:

- Dalam sebuah mangkuk, campurkan oatmeal secukupnya dengan air hangat.

- Aduk merata sampai teksturnya menyerupai krim pasta.

- Jika sudah agak dingin, oleskan masker oatmeal pada permukaan wajah.

- Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air bersih.

8. Pisang

Jarang digunakan untuk perawatan kulit, ternyata buah pisang mampu membantu mencerahkan kulit.

Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis buah yang bagus untuk masker muka alami.

Antioksidan dikenal sebagai molekul yang sering dijadikan sebagai komposisi bahan kecantikan kulit. Manfaat antioksidan dianggap dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

9. Yogurt

Produk olahan susu satu ini selain dapat dikonsumsi juga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Kandungan asam laktat pada yogurt mampu mencerahkan kulit. Sehingga bahan ini kerap sebgai campuran pada masker wajah

10. Stroberi

Selain dikonsumsi, buah yang hidup di dataran tinggi ini kerap dijadikan masker alami untuk wajah. Bahkan, buah stroberi mampu melawan radikal bebas, yakni penyebab kerusakan sel kulit dan hilangnya kolagen.

Lantaran kandungan antioksidan dan vitamin C dalam stroberi sehingga umum digunakan sebagai bahan masker wajah alami.Kandungan tersebut juga berfungsi untuk mencerahkan wajah dan menyehatkan kulit.

Cara membuat masker wajah alami dari buah stroberi mudah, cukup campurkan dengan yogurt tanpa rasa dan madu. Setelah itu, aduk merata dan oleskan masker stroberi pada permukaan wajah selama 10-15 menit. Jika sudah bilas wajah dengan air. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

11. Alpukat

Buah yang kerap dikonsumsi dengan cara di jus maupun bahan salad ini juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Umumnya, alpukat digunakan sebagai masker wajah.

Sebagai, sumber lemak sehat, vitamin B, dan kalium, alpukat mampu melembabkan kulit sekaligus berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit untuk kulit kering.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni cukup campurkan setengah buah alpukat matang, satu butir putih telur, dua sendok makan oatmeal, dan satu sendok teh air perasan lemon.

Aduk merata dan oleskan pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat sesudahnya. Untuk mendapatkan kulit cerah dan kenyal lakukan langkah ini 3 kali dalam seminggu untuk .

Itulah bahan yang dapat digunakan sebagai masker. Namun pastikan bahwa bahan yang kamu pilih sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini