Share

Kisah Haru Penerima Donor Mata Dapat Kesempatan Kedua untuk Melihat Dunia

Siska Permata Sari, Okezone · Minggu 13 Februari 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 612 2546379 kisah-haru-penerima-donor-dapat-kesempatan-kedua-untuk-melihat-dunia-Zwr1jdKm41.jpg Kisah penerima donor mata (Foto: YouTube/Official iNews)

MELIHAT dunia dengan sepasang mata yang sehat dan normal, merupakan mimpi bagi sebagian orang,  seperti kisah Arif Putra dan Asnidar. Keduanya adalah para penerima donor mata, yang dengan itu bisa kembali melihat dunia dengan jelas.

Mereka berdua mempunyai kisah yang berbeda. Arif Putra, misalnya, yang sempat mengalami gangguan pengelihatan di tahun 2013 dan menganggap momen itu sebagai masa-masa terpuruknya.

Penerima Donor Mata

“Pada 2013, saya mulai merasakan pengelihatan saya bermasalah, pengelihatan saya menjadi tidak jelas. Selang beberapa waktu, kornea pada mata saya mengalami kerusakan yang sangat parah. Mata saya semua menjadi putih, hampir tidak ada bagian hitam,” kata Arif Putra membagikan kisahnya di kanal YouTube JEC Eye Hospitals & Clinics, seperti dikutip Okezone.

BACA JUGA : Kisah Anggi yang Peroleh Kebahagiaan Batin Jadi Pendonor Mata

Setelah berkonsultasi ke dokter mata, harapannya kembali tumbuh. Dokter mengatakan, matanya bisa kembali normal jika ada pendonor mata yang cocok untuknya. Sampai suatu ketika, dia mendapat kabar bahwa dirinya mendapatkan pendonor yang tepat dan dia bisa menjalani operasi di JEC.

“Rasanya, wow! Saya enggak bisa menjelaskan saking senangnya saya. Tidak hentinya saya mengucap rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi kesempatan untuk melihat normal kembali melalui pendonor kornea yang saya terima, siapapun itu,” ceritanya.

BACA JUGA : Kisah Mila Rahmania yang Tak Sengaja Jadi Pendonor Mata

Kini, pengelihatan pria asal Balikpapan tersebut sudah kembali pulih dan diapun dapat melakukan aktivitas dengan normal tanpa ada hambatan. “Dan yang paling penting, rasa ketakutan saya yang membuat saya terpuruk saat itu sudah enggak ada lagi,” ujarnya.

Dia berharap orang-orang di luar sana yang memgalami kebutaan kornea bisa seberuntung dirinya dan mendapatkan kesempatan kedua untuk kembali melihat dunia. “Saya juga sangat berharap semakin banyak masyarakat yang berhati mulia, peduli dan mau membantu sesama untuk menjadi pendonor kornea,” kata Arif.

Follow Berita Okezone di Google News

Kisah Arif, berbeda dengan Asnidar. Dia merupakan remaja perempuan yang mengalami gangguan pengelihatan akibat penggunaan kontak lensa yang tak sesuai anjuran dokter. Alhasil, dia mengalami infeksi dan mata sebelah kirinya tidak dapat melihat lagi.

Penerima Donor Mata

Beruntung, Asnidar dibantu oleh Yayasan MNC Peduli untuk dicarikan pendonor mata yang tepat hingga proses operasi. Empat bulan menanti, Asnidar akhirnya mendapatkan donor kornea mata yang tepat dan bisa membuatnya melihat dengan normal kembali.

“Alhamdulillah, sudah enak. Senang banget sudah bisa melihat lagi dan dibantu MNC, jadi tidak memberatkan mama bayarnya,” ungkap Asnidar.

Berkat donor kornea mata yang diterimanya, Asnidar akhirnya bisa bersekolah lagi setelah sempat terputus akibat gangguan pada sebelah matanya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini