Share

7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat Tinggi, Cegah Penyakit yang Ancam Jiwa!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 481 2547138 7-makanan-penurun-kolesterol-dan-asam-urat-tinggi-cegah-penyakit-yang-ancam-jiwa-6aTddsJ9YK.jpg 7 makanan penurun kolesterol dan asam urat (Foto:

7 MAKANAN penurun kolesterol dan asam urat ini pada akhirnya akan meningkatkan lemak baik di dalam aliran darah. Aliran darah pun menjadi lebih lancar.

Dirangkum MNC Portal pada Senin (14/2/2022), berikut adalah 7 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga asam urat di dalam tubuh Anda, untuk mendapatkan kesehatan yang lebih optimal.

Gandum

7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

(7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Foto: Healthline)

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin untuk sarapan. Ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

BACA JUGA : Cegah Asam Urat Tinggi, Hindari Konsumsi Makanan-Makanan Ini

Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

BACA JUGA : Banyak Makan Jeroan Sebabkan Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Ikan

7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

(7 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Foto: Healthline)

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Teh hijau

Teh hijau kaya dengan kandungan katekin tinggi yang merupakan antioksidan kuat. Katekin, seperti yang diyakini oleh banyak orang, digunakan untuk memperlambat produksi jenis enzim tertentu dalam tubuh. Mereka terkait dengan pembentukan asam urat dan dengan demikian, sangat membantu dalam mengurangi kadar asam urat.

Vitamin C

Sertakan buah-buahan yang diperkaya vitamin C dalam diet Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan konsumsi 500 mg Vitamin C setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat dalam waktu singkat.

Jus jeruk atau jeruk nipis manis kaya akan kandungan vitamin C dan dengan demikian, bisa sangat membantu dalam menyediakan jumlah vitamin C yang dibutuhkan.

Coklat hitam

Theobromine adalah alkaloid yang strukturnya mirip dengan kafein yang terutama ditemukan dalam biji kakao. Itu juga pada tingkat konten tertinggi dalam cokelat hitam.

Alkaloid theobromine sangat membantu untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi karena dapat membantu mengendurkan otot-otot bronkus paru-paru. Penelitian juga menunjukkan bahwa itu lebih efektif daripada kodein, jenis alkaloid lain, dalam meredakan batuk.

Air atau cairan

Air adalah salah satu pembersih alami dan cairan yang mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, pasti minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari. Cairan juga bermanfaat karena membantu menghilangkan asam urat dari tubuh melalui ekskresi. Oleh karena itu, minum lebih banyak cairan dan air akan membantu mengurangi kadar asam urat. Tapi, ingatlah untuk memilih jenis jus dan cairan yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini