Share

Sederet Fakta soal Air Kelapa, Tingkatkan Imunitas dari Kurangi Risiko Stroke

Tim Okezone, Okezone · Senin 14 Februari 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 612 2547044 sederet-fakta-soal-air-kelapa-tingkatkan-imunitas-dari-kurangi-risiko-stroke-TNyEVEHX0L.jpg Ilustrasi Air Kelapa. (Foto: Shutterstock)

AIR kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Air kelapa memiliki banyak manfaat lainnya yang positif dan memberikan keuntungan berganda bagi mereka yang rutin mengonsumsinya.

Dalam Tabel Komposisi Pangan Indonesia 2019, tercatat air kelapa berlimpah dalam kandungan elektrolit terutama kalium, juga terdapat kalsium, natrium dan magnesium.

Dalam satu cangkir atau 150 cc air kelapa terkandung energi total berjumlah 26 kkal, protein 0,3 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 5,7 gram, kalsium 23 miligram, fosfor 12 miligram, zat besi 0,3 miligram, natrium 39 miligram, kalium 224 miligram, magnesium 9 miligram, dan tak ketinggalan vitamin C 15 miligram.

“Elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan dengan mendukung semua aktivitas sel-sel imunitas dalam melawan infeksi,” ujar Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi dan juga Ketua dari Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) seperti dilansir dari Antara.

Air Kelapa

Jadi, dalam keadaan sehat, apalagi sakit, atau di antaranya, kita perlu mendapatkan cukup elektrolit. Fakta pertama, air kelapa mencegah kekurangan elektrolit sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh yang baik.

“Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi. Selain itu, elektrolit ini juga baik juga dikonsumsi setelah berolahraga,” ungkap Rita.

Fakta kedua dari air kelapa yang menarik dan bermanfaat bagi tubuh adalah dapat mengurangi tekanan darah dan risiko stroke. Pisang terkenal karena jumlah kalium atau potasiumnya yang tinggi, tetapi satu cangkir air kelapa bisa mengandung lebih banyak kalium daripada pisang berukuran sedang.

Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan bahkan melindungi terhadap stroke. Melengkapi air kelapa dengan makanan kaya kalium lainnya dalam pola asupan nutrisi kita tentunya bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Air kelapa juga ternyata dapat mendukung pencernaan yang baik sehingga tubuh dapat melakukan metabolisme dengan maksimal. Hal itu dapat terjadi berkat kandungan magnesium dan mineral di dalam air kelapa yang membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit.

Selain itu karena berupa cairan, tentunya air kelapa dapat menghidrasi. Dr. Rita menyebutkan hidrasi yang memadai secara umum juga penting untuk membantu mengatur pergerakan usus. Tidak hanya baik untuk pencernaan, rupanya air kelapa juga dapat mendukung imunitas tubuh untuk tetap terjaga berkat manfaat hidrasinya.

Pada beberapa varian air kelapa bahkan sudah mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan dukungan kekebalan yang lebih baik. Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik setelah melakukan vaksin, salah satunya bisa dilakukan dengan minum air kelapa.

Fakta menarik yang terakhir mengenai air kelapa adalah membantu manajemen berat badan. Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, mendorong mereka makan dan minum- minuman manis berlebihan sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun air kelapa memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun secara substansial lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda, jus ataupun minuman bergula lainnya. Tapi, perlu diingat jangan hanya mengandalakan air kelapa untuk mencukupkan nutrisi bagi tubuh karena satu asupan gizi saja tidak cukup untuk kebutuhan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini