Share

5 Cara Mudah Atasi Ketiak Basah, Bau dan Hitam

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 15 Februari 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 611 2547646 5-cara-mudah-atasi-ketiak-basah-bau-dan-hitam-S410phSqjk.jpg Mencegah Ketiak Tidak Bau. (Foto: Shutterstock)

CARA agar ketiak tidak bau, basah, dan hitam. Usai melakukan aktivitas berat seperti berolahraga, atau mengejar kereta dan bus ke kantor keringat bisa dengan mudah bercucuran hebat, terutama di bagian ketiak.

Selain dapat menyebabkan basah lama-kelamaan menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Bila hal itu dibiarkan terus=menerus dapat menyebabkan area ketiak menghitam.

Bila sudah begini, kamu tentu merasa tidak nyaman, bukan? Tenang, tak perlu khawatir lagi, karena sebenarnya kamu bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah ketiak asalkan tahu cara tepatnya.

Lantas, bagaimana caranya? Tenang, Okezone.com telah merangkumnya dalam ulasan berikut ini.

Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Bersih

Tak hanya kebersihan tubuh, kamu perlu menjaga kebersihan pakaian yang digunakan untuk menurunkan risiko perkembangan bakteri pada area ketiak.

Yakni, dengan mengganti baju yang kamu gunakan setiap hari. Menggunakan pakaian yang menyerap keringat umumnya berbahan katun.Selain itu, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat dan pastikan kamu nyaman menggunakannya.

Tak lupa cuci pakaian hingga benar-benar bersih dan kering. Bukan hanya baju, handuk yang digunakan juga perlu diperhatikan. Pastikan kamu rajin mencuci handuk agar kebersihannya terjaga.

Ketiak

(Bau Ketiak/Shutterstock)

Menjaga Kebersihan Tubuh

Ketiak yang bau dan basah dapat diatasi dengan menjaga kebersihan tubuh setiap hari. Setiap hari, pastikan kamu mandi sebelum dan sesudah berkegiatan.

Untuk menurunkan risiko paparan bakteri di area ketiak kamu bisa menggunakan sabun anti bakteri. Selain itu, seusai mandi pastikan kamu mengeringkan tubuh dengan baik khususnya di area ketiak.

Hindari Konsumsi Makanan yang Memicu Keringat

Biang keringat bukan hanya dari bakteri melainkan juga makanan. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang memicu keringat berlebih pada tubuh. Seperti, batasi konsumsi makanan yang pedas dan panas, bawang putih dan juga bawang bombay.

Tak hanya makanan, batasi pula konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Pasalnya, kedua kandungan tersebut dapat memicu keringat berlebih.

Mencukur Area Ketiak

Untuk menurunkan resiko bau dan ketiak basah pastikan area ketiak bebas dari rambut halus. Kamu bisa mencukur ketiak dengan alat cukur yang bersih dan steril.

Tak hanya itu, proses waxing juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan rambut-rambut halus di ketiak.

Menggunakan Bahan Alami

Selain cara di atas, ketiak basah, bau dan hitam bisa diatasi dengan menggunakan beberapa bahan alami. Seperti bahan berikut ini:

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kentang

Kentang dapat membantu mengatasi masalah area ketiak. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni: potong kentang menjadi beberapa bagian kemudian oleskan pada area ketiak. Diamkan beberapa menit. Setelah mengering bilas dengan air hingga bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa umum digunakan untuk kecantikan. Tak hanya itu, minyak kelapa juga bisa mengatasi masalah ketiak cukup dengan mengoleskan dan pijat area ketiak dengan minyak kelapa. Setelah merata, diamkan beberapa menit, dan kemudian bersihkan ketiak hingga bersih.

Lidah Buaya

Selain bisa digunakan untuk masker wajah, daging lidah buaya juga bisa digunakan untuk masker pada bagian ketiak. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya, diamkan beberapa menit, dan bersihkan ketiak.

Itulah cara mudah mengatasi masalah ketiak baik itu bau, basah dan ketiak yang hitam. Bila cara di atas sudah dilakukan tetapi tidak membuahkan hasil, alangkah baiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini