Share

Cegah Kanker Anak Sejak Dini dengan Jalan Kaki Minimal 60 Menit Sehari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 612 2547394 cegah-kanker-anak-sejak-dini-dengan-jalan-kaki-minimal-60-menit-sehari-cLRypJnHO6.jpg Ilustrasi Anak Kanker. (Foto: Shutterstock)

KANKER merupakan penyakit yang bisa terjadi karena dua faktor. Pertama karena faktor internal seperti keturunan, dan faktor lainnya adalah eksternal seperti perubahan hormon, obesitas, kurang berolahraga, kebiasaan merokok, serta paparan radiasi, virus, dan bahan-bahan kimia.

Kanker sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dalam tubuh. Kanker berkembang ketika mekanisme kontrol normal tubuh berhenti bekerja.

Sel-sel tua tersebut tidak mati, dan malah tumbuh di luar kendali, membentuk sel-sel baru yang abnormal. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa jaringan, yang disebut tumor. Beberapa kanker, seperti leukemia, tidak membentuk tumor.

Kanker Anak

Dilansir Preventcancer, salah satu yang bisa meningkatkan risiko kanker pada anak adalah obesitas. Pasalanya, 1/3 dari semua anak dan remaja mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Remaja yang kelebihan berat badan memiliki 70 persen menjadi orang dewasa yang obesitas.

Kegemukan pada anak telah meningkat tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Apalagi, di tengah pandemi ini anak-anak sering mengonsumsi makanan cepat saji dan menghabiskan tiga jam per hari di depan televisi, atau bermain smartphone.

Solusi yang Anda bisa lakukan sebagai orangtua agar anak ketika dewasa tidak berisiko terkena kanker ialah anak-anak harus makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, anak Anda harus sarapan setiap hari sebelum berangkat sekolah, duduklah untuk makan sehat bersama keluarga sesering mungkin.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki minimal 60 menit dalam sehari mulai pada usia muda merupakan faktor penting dalam mengadopsi kebiasaan seumur hidup.

Kebiasaan lain yang harus dihindari pada anak Anda ialah paparan sinar matahari yang tidak terlindungi, penggunaan tembakau, dan obesitas di masa kanak-kanak, semuanya adalah faktor yang menyebabkan peningkatan risiko kanker pada orang dewasa.

Orang yang tidak merokok, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur, memiliki kemungkinan setengah lebih besar untuk mengalami masalah kesehatan yang serius dibandingkan mereka yang mempraktikan kebiasaan yang kurang sehat. Dengan mendidik keluarga Anda, mengajari anak-anak kebiasaan sehat, dan memperhatikan mereka, dapat mengurangi risiko kanker bagi keluarga Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini