Share

91 Persen Ibu Hamil Alami Stretch Mark, Begini Cara Cegahnya sejak Awal Kehamilan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 17 Februari 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 611 2548445 91-persen-ibu-hamil-alami-stretch-mark-begini-cara-cegahnya-sejak-awal-kehamilan-GUBfprzAqU.jpg Cegah stretch mark sejak awal kehamilan (Foto: Momjunction)

IBU hamil mengalami berbagai perubahan selama kehamilannya. Tidak hanya fisik, tetapi juga masalah kulit seperti stretch mark.

Stretch mark sendiri merupakan gurat peregangan yang tampak pada kulit. Meski tidak berbahaya, stretch mark dapat mempengaruhi penampilan hingga kadangkala menurunkan kepercayaan diri.

Sebuah riset mengungkap bahwa lebih dari 90 persen ibu hamil mengalami stretch mark. Riset tersebut dilakukan oleh Mama’s Choice terhadap 1.515 orang ibu, dan hasilnya 91 persen di antaranya mengalami stretch mark.

Stretch Mark Ibu Hamil

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, dr Dia Febrina, SpKK mengatakan, stretch mark pada ibu hamil muncul akibat adanya peregangan pada kulit selama kehamilan. Stretch mark tersebut dapat muncul di beberapa bagian tubuh seperti perut, payudara, bokong, paha, lutut, hingga tungkai bawah.

“Saat stretch mark baru muncul, dia akan berwarna kemerahan,” kata dr Dia Febrina dalam virtial press conference, Rabu (16/2/2022). Namun, dia menjelaskan, seiring waktu, stretch mark yang berwarna merah tadi akan berubah menjadi putih dan itu akan lebih sulit dihilangkan.

BACA JUGA : Ini Penyebab Masalah Kulit Stretch Mark dan Cara Menghilangkannya

BACA JUGA : Perawatan Plasma Darah Juga Bisa Hilangkan Stretch Mark Loh

Lantas, apakah stretch mark bisa dihilangkan? Dr Dia mengungkap, bahwa stretch mark tidak dapat hilang 100 persen, namun bisa disamarkan dengan cara-cara tertentu. Mulai dari penggunaan produk topikal atau oles hingga tindakan medis.

“Terapi yang paling umum adalah aplikasi topikal atau oles yang bisa digunakan, baik untuk pengobatan maupun pencegahan,” ujarnya.

Untuk pencegahan sendiri, dia menyarankan agar para ibu hamil mulai menggunakan krim anti stretch mark sejak awal kehamilan. Hal ini bisa mengurangi risiko munculnya stretch mark setelah melahirkan.

Stretch Mark Ibu Hamil

Selain menggunakan krim anti stretch mark, dia juga menyarankan para ibu untuk sambil memijitnya. “Pijatan saat kehamilan, berdasarkan penelitian, bisa membantu agar stretch mark tidak bertambah banyak. Perutnya dielus, dipijat pakai krim, dengan lembut,” kata dr Dia.

Di samping itu, para ibu hamil juga perlu memperhatikan bahan kandungan krim yang digunakan agar aman bagi kulit ibu dan janin. Dr Dia menyebut beberapa kandungan yang bagus untuk menyamarkan stretch mark. Di antaranya saja Vitamin A, Vitamin C, Niacinamide Glycolic Acid, hingga Coconut Oil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini