Share

4 Solusi Pengganti Minyak Goreng, Lebih Sehat Loh

Tim Okezone, Okezone · Rabu 16 Februari 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 612 2548362 4-solusi-pengganti-minyak-goreng-lebih-sehat-loh-Q6olC9PtOQ.jpg Minyak Canola. (Foto: Instagram)

MINYAK goreng yang berasal dari kelapa sawit memang lazim digunakan untuk memasak. Tapi, menggoreng menggunakan minyak kelapa sawit memang memiliki beberapa efek samping.

Tidak jarang banyak orang mulai beralih dari minyak goreng ke minyak alternatif lainnya dengan alasan kesehatan. Pasalnya penggunaan minyak goreng atau minyak sayur secara berlebihan memang bukan pilihan tepat. Kandungan lemak jenuh minyak goreng bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol dan mengganggu kesehatan jantung.

Berikut beberapa bahan pengganti minyak goreng agar terhindar dari kolesterol yang bisa Anda pilih.

Minyak canola

Minyak

Minyak canola memiliki titik asap 400 derajat Fahrenheit dan rasanya netral. Minyak ini cocok untuk menggoreng atau alternatif minyak goreng kelapa sawit yang umum digunakan. Namun karena rasanya cenderung netral, minyak canola tidak disarankan untuk hidangan tumisan yang butuh rasa lebih kuat.

 

Minyak kelapa

Minyak

Minyak kelapa bisa digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga suhu tinggi sebab memiliki kestabilan pada panas yang tinggi. Namun, minyak kelapa tidak akan cepat panas pada suhu yang tinggi.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki wangi yang harum sehingga cocok untuk dijadikan bahan membuat kue. Perlu diketahui, 92 persen kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi. Hal ini membuat minyak kelapa bisa dijadikan sebagai minyak goreng alternatif pengganti minyak sawit yang stabil.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Minyak zaitun

Minyak

Minyak ini terbuat dari buah pohon zaitun dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis minyak ini bisa menggantikan peran minyak goreng untuk menumis dan membuat sesuatu yang gurih.

Ghee

Minyak

Ghee atau yang lebih dikenal dengan nama minyak samin adalah mentega yang dimurnikan. Kandungan susu dan airnya telah dihilangkan. Biasanya ghee digunakan untuk masakan tradisional India. Ghee cocok untuk memasak dan juga untuk memanggang.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini