Share

Waspadai Penyebab Pneumonia pada Anak, Apa Saja?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 481 2550072 waspadai-penyebab-pneumonia-pada-anak-apa-saja-D1QbxPVV8Z.jpg Anak terkena pneumonia (Foto: Baby gooroo)

PENYAKIT pneumonia atau infeksi paru bisa menimbulkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru, yang dapat berisi cairan atau nanah. Infeksi ini dapat mengancam nyawa siapa pun, terutama pada bayi, anak-anak, dan lansia di atas 65 tahun.

Dokter Spesialis Anak Konsultan, dr. Olga Rasiyanti, M. Ked(Ped), Sp. A(K) dari RS Siloam Dhirga Surya Medan menjelaskan, pneumonia pada anak merupakan kondisi yang perlu diwaspadai dengan mengetahui penyebab, gejala, faktor resiko serta cara penanggulangannya.

 pneumonia

"Penyebab pneumonia cukup beragam, mulai dari infeksi bakteri, virus, hingga jamur. Beberapa jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan pneumonia pada anak adalah virus influenza, virus Corona, serta beberapa jenis bakteri, " tutur Dokter Spesialis Anak Konsultan, dr. Olga Rasiyanti, M. Ked(Ped), Sp. A(K).

Menurut Dokter Olga, pada anak umumnya lebih berisiko terkena pneumonia disebabkan sejumlah faktor, yaitu tidak mendapatkan air susu ibu (ASI), malnutrisi atau kurang gizi

Infeksi tertentu, seperti HIV dan campak. Selain itu juga imunisasi kurang lengkap, atau tidak memperoleh vaksin pneumonia dan termasuk faktor terlahir prematur.

"Intensitas anak terpapar debu atau asap rokok termasuk faktor resiko yang patut diwaspadai orangtua yang bisa menyebabkan pneumonia pada anak," ujar Dokter Olga.

 BACA JUGA:Cegah Pneumonia pada Anak, Beri ASI Eksklusif hingga Makanan Bergizi

Dokter Ryki M Sihombing, Sp.PD. menambahkan, pencegahan pneumonia pada anak bisa dilukan dengan pemberian vaksin pneumonia. Begitu pula pencegahan pada lansia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini